Mohon tunggu...
Nanda Ardiansyah
Nanda Ardiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Blitar, 26 Oktober 2002

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengertian dan Fungsi Teori Perkembangan Kognitif Piaget dalam Psikologi

8 Oktober 2023   20:12 Diperbarui: 8 Oktober 2023   20:13 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori perkembangan kognitif Piaget adalah sebuah teori psikologi yang dikemukakan oleh Jean Piaget, seorang psikolog asal Swiss, yang merupakan salah satu teori perkembangan kognitif paling terkenal dan berpengaruh dalam bidang psikologi perkembangan. Teori ini fokus pada perkembangan kognitif anak-anak dan bagaimana mereka memahami dunia di sekitar mereka melalui proses-proses mental. Terdapat beberapa konsep penting dalam teori perkembangan kognitif Piaget, termasuk:

1. Skema (Schema): Piaget berpendapat bahwa anak-anak membangun skema, yaitu struktur mental yang digunakan untuk mengorganisasi informasi dan pengalaman mereka. Skema ini berkembang seiring waktu melalui asimilasi dan akomodasi.

2. Asimilasi: Asimilasi terjadi ketika seorang anak menginterpretasikan informasi baru atau pengalaman dengan menghubungkannya dengan skema yang sudah ada dalam pikirannya. Dalam hal ini, informasi baru disesuaikan dengan skema yang sudah ada.

3. Akomodasi: Akomodasi terjadi ketika anak harus mengubah atau menyesuaikan skema mereka untuk mengatasi informasi atau pengalaman baru yang tidak sesuai dengan skema yang sudah ada. Ini merupakan proses adaptasi penting dalam perkembangan kognitif.

4. Tahap-tahap perkembangan: Piaget mengidentifikasi empat tahap perkembangan kognitif utama dalam teorinya:
   a. Tahap Sensorimotor (0-2 tahun): Anak-anak dalam tahap ini mengalami dunia melalui indra-indra dan tindakan fisik. Mereka belum memiliki pemahaman tentang objek yang ada ketika objek tersebut tidak ada di hadapan mereka.
   b. Tahap Praoperasional (2-7 tahun): Anak-anak mulai menggunakan simbol-simbol seperti kata-kata dan gambar untuk merepresentasikan objek dan gagasan. Mereka masih egosentris dan kurang memahami perspektif orang lain.
   c. Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak-anak dalam tahap ini mulai dapat berpikir logis tentang objek-objek konkret dalam konteks nyata. Mereka mampu memahami konsep-konsep matematis dan logis.
   d. Tahap Operasional Formal (12 tahun ke atas): Pada tahap ini, anak-anak mampu berpikir secara abstrak dan mengembangkan pemahaman yang lebih kompleks tentang gagasan-gagasan abstrak dan hipotesis.

5. Keseimbangan: Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif melibatkan pencapaian keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi. Keseimbangan ini dikenal sebagai equilibration.

Teori perkembangan kognitif Piaget telah memberikan kontribusi besar dalam memahami cara anak-anak memproses informasi, belajar, dan berkembang dalam pemikiran mereka. Namun, teori ini juga telah mendapatkan kritik dan modifikasi dari para ahli lainnya dalam bidang psikologi perkembangan.

Teori Piaget memiliki beberapa fungsi penting dalam psikologi dan pemahaman perkembangan kognitif. Berikut beberapa fungsi utamanya:

1. Memahami Perkembangan Kognitif: Teori Piaget membantu kita memahami bagaimana anak-anak dan individu secara umum mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka. Ini membantu para psikolog dalam menganalisis tahap-tahap perkembangan kognitif dan bagaimana individu memproses informasi pada setiap tahap tersebut.

2. Pedoman untuk Pendidikan: Teori Piaget memberikan pedoman penting bagi pendidikan. Dengan memahami tahap perkembangan kognitif anak-anak, pendidik dapat merancang kurikulum dan metode pengajaran yang sesuai dengan kemampuan dan tingkat pemahaman anak-anak pada setiap tahap perkembangan. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

3. Menilai Kemampuan Anak: Teori ini digunakan dalam menilai kemampuan kognitif anak-anak, seperti tes IQ. Hal ini membantu para profesional dalam memahami sejauh mana anak-anak berkembang dalam hal pemikiran logis dan kemampuan berpikir abstrak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun