Malang, 10 November 2024 --- Tim dosen Universitas Malang (UM) yang dipimpin oleh Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd berkolaborasi dengan Prof. Dr. Nordin Bin Mamat, Direktur Inovasi dan Pedagogical Research Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, untuk mengembangkan strategi pembelajaran inovatif yang bertujuan meningkatkan kualitas tugas akhir mahasiswa, khususnya dalam penyusunan skripsi.
Kerjasama ini bertujuan untuk menghadirkan metode baru dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis (Critical Literacy Skills), yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik dan menyusun karya ilmiah berkualitas. Salah satu hasil kolaborasi ini adalah pengembangan strategi pembelajaran P-A2DIK, yang telah dirancang khusus untuk mendukung penguatan keterampilan literasi kritis pada mahasiswa.
Strategi P-A2DIK untuk Tingkatkan Kualitas Skripsi
Strategi pembelajaran P-A2DIK (Pedagogical Approach to the Development of Critical Literacy in Knowledge) merupakan metode yang berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis mahasiswa melalui pendekatan berbasis penelitian. Dalam implementasinya, strategi ini mengajak mahasiswa untuk lebih aktif dalam mengkaji dan menganalisis literatur yang ada, serta merumuskan argumen-argumen ilmiah yang kuat dalam skripsi mereka.
P-A2DIK bukan hanya berfokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pengembangan keterampilan mahasiswa dalam memproses informasi secara kritis, menghubungkan teori dengan praktik, serta meningkatkan kualitas penulisan ilmiah mereka. Metode ini diharapkan dapat memperkuat daya analisis mahasiswa dalam menyusun usulan skripsi mereka.
Implementasi di Mahasiswa Semester 5 Universitas Negeri Malang
Strategi ini pertama kali diujicobakan pada mahasiswa Semester 5 Universitas Negeri Malang (UM) yang tengah mengikuti mata kuliah Seminar Usulan Skripsi. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam tahap awal penulisan skripsi, dengan fokus utama pada penguatan konsep dan metodologi penelitian yang relevan.
Mahasiswa yang terlibat dalam program ini mendapatkan pelatihan intensif mengenai cara-cara untuk mengembangkan kemampuan literasi kritis dalam konteks akademik. Mereka didorong untuk tidak hanya mengutip teori, tetapi juga mengkritisi dan mengembangkan pemikiran mereka sendiri dalam kaitannya dengan topik penelitian yang dipilih.
Pentingnya Kolaborasi Internasional dalam Pengembangan Pembelajaran
Kerjasama antara UM dan UPSI ini juga memperlihatkan pentingnya kolaborasi internasional dalam pengembangan inovasi pendidikan. Prof. Dr. Nur Hidayah mengungkapkan bahwa kolaborasi ini memberikan kesempatan bagi dosen dan mahasiswa di UM untuk belajar dari pengalaman dan pendekatan yang diterapkan di UPSI Malaysia, yang dikenal memiliki program pedagogik yang sangat terintegrasi dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini.