Dalam evaluasi PAUD, kita harus melaksanakannya dengan berbagai jenis alat penilaian perkembagan anak usia dini, yaitu :
1.Pengamatan (Observasi)
Pengamatan (Observasi) adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh guru dengan mengamati siswa untuk mendapatkan berbagai informasi atau datatentang perkembangan dan masalah pada anak.
Untuk mendapatkan informasi sesuai yang di inginkan, guru harus menggunakan pedoman observasi.
2.Wawancara
Wawancara adalah percakapan langsung yang dilakukan oleh guru untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan dan permasalahan baik pada anak ataupun orang tua. Dalam wawancara yang baik juga sama dengan observasi, harus menggunakan pedoman wawancara.
3.Sosiometri
Sosiometri adalah cara guru untuk mengetahui bagaimana kedudukan anak dalam berinteraksi dan berhubungan langsung dengan anggota kelompok (orang banyak). Cara tersebut agar guru mengetahui bagaimana cara anak berinteraksi dengan orang lain.
4.Catatan Anekdot
Catatan Anekdot adalah suatu catatan yang dilakukan oleh guru dengan megamati berbagai peristiwa yang dilakukan oleh siswa, yang dimana guru mencatat setelah peristiwa tersebut sudah terjadi pada waktu pengamatan.
5.Pemeriksaan Medis
Pemeriksaan medis merupakan salah satu upaya pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kelemahan anak, seperti penyakit yang dideritanya. Yang memeriksa yaitu pihak medis, guru hanya bisa membantu bekerja sama dengan para medis untuk mengetahui penyakit yang di derita oleh anak.
6.Portofolio
Portofolio adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengamati perkembangan karya anak dalam rangka melakukan evaluasi perkembangan belajar anak usia dini. Portofolio merupakan salah satu wadah untuk merekam berbagai unjuk kerja atau bukti nyata hasil belajar anak usia dini.
7.Unjuk kerja
Unjuk kerja adalah penilaian yang menuntut anak didik untuk melakuakn tugas dalam perbuatan yang dapat diamati, misalnya menyanyi atau memperagaka sesuatu.