Pelajaran sejarah, sebagai salah satu mata pelajaran dasar bangsa, memberikan hal yang tidak berwujud di luar pengalaman siswa, menjadikannya materi yang sulit, namun siswa harus dapat membangun kembali dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya sebuah peristiwa di masa lalu. Belajar sejarah merupakan hal yang menantang karena lamanya waktu yang dihabiskan untuk belajar (Purmintasari & Lesmana, 2023).
Lalu dalam upaya meningkatkan minat dan semangat belajar siswa penulis mengembangkan media pembelajaran puzzle di SMK Negeri 6 Malang yang bertujuan untuk mengatasi kejenuhan yang sering dialami siswa saat mengikuti pembelajaran, khususnya dalam materi sejarah mengenai masa Hindhu Budha di Indonesia.
Penggunaan media permainan puzzle telah diadaptasi dalam proses belajar mengajar dikelas X, di mana siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam permainan edukatif yang tidak hanya menantang tetapi juga menyenangkan. Dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil, siswa dapat bekerja sama untuk menyelesaikan potongan-potongan puzzle yang berkaitan dengan peristiwa sejarah penting. Metode ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan serta memperkuat kerja sama antar teman sekelas. Permainan puzzle ini tidak hanya membuat belajar sejarah menjadi lebih menarik, tetapi juga membantu siswa untuk lebih mudah mengingat informasi yang mereka pelajari.
RujukanÂ
Purmintasari, Y. D., & Lesmana, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 7(2), 197--209. https://doi.org/10.29408/fhs.v7i2.12370
Rumakhit Nur. 2017. "Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017". Dalam Jurnal SimkiPedagogia. Volume 01, Nomor 02, 2017.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H