Mohon tunggu...
Nancy Nitrana Naulina
Nancy Nitrana Naulina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Sejarah Kearifan Lokal Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Media Permainan Puzzle Sejarah Hindhu Budha di Indonesia : Solusi Menunjang Semangat Siswa dikala Jenuh Belajar

13 Desember 2024   01:13 Diperbarui: 13 Desember 2024   01:13 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Penerapan Media Puzzle di Kelas X (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Pelajaran sejarah, sebagai salah satu mata pelajaran dasar bangsa, memberikan hal yang tidak berwujud di luar pengalaman siswa, menjadikannya materi yang sulit, namun siswa harus dapat membangun kembali dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya sebuah peristiwa di masa lalu. Belajar sejarah merupakan hal yang menantang karena lamanya waktu yang dihabiskan untuk belajar (Purmintasari & Lesmana, 2023).

Lalu dalam upaya meningkatkan minat dan semangat belajar siswa penulis mengembangkan media pembelajaran puzzle di SMK Negeri 6 Malang yang bertujuan untuk mengatasi kejenuhan yang sering dialami siswa saat mengikuti pembelajaran, khususnya dalam materi sejarah mengenai masa Hindhu Budha di Indonesia.

Penggunaan media permainan puzzle telah diadaptasi dalam proses belajar mengajar dikelas X, di mana siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam permainan edukatif yang tidak hanya menantang tetapi juga menyenangkan. Dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil, siswa dapat bekerja sama untuk menyelesaikan potongan-potongan puzzle yang berkaitan dengan peristiwa sejarah penting. Metode ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan serta memperkuat kerja sama antar teman sekelas. Permainan puzzle ini tidak hanya membuat belajar sejarah menjadi lebih menarik, tetapi juga membantu siswa untuk lebih mudah mengingat informasi yang mereka pelajari.


 Penerapan Media Puzzle di Kelas X (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
 Penerapan Media Puzzle di Kelas X (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Rujukan 

Purmintasari, Y. D., & Lesmana, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 7(2), 197--209. https://doi.org/10.29408/fhs.v7i2.12370

Rumakhit Nur. 2017. "Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017". Dalam Jurnal SimkiPedagogia. Volume 01, Nomor 02, 2017.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun