3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Nancy Anggriani Manurung
CGP Angkatan 7
Kab. Simalungun
SALAM DAN BAHAGIA
Kali ini saya akan membuat Jurnal Refleksi Dwi Mingguan dengan Model 4C yaitu: CONNECTION, CHALLENGE, CONCEPT, CHANGE yang di kembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011).
Dalam membuat Model jurnal Refleksi 4C ini terdapat beberapa pertanyaan kunci yang di jadikan panduan yakni:
- Connection: Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran anda sebagai Calon Guru Penggerak?
- Challenge: Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang di jalankan selama ini?
- Concept: Ceritakan konsep-konsep utama yang di pelajari dan menurut anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?
- Change: Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini?
1. CONNECTION
Modul 3.3 Pengelolaan Program yang berdampak positif pada murid merupakan modul sangat menarik dan menantang bagi saya, dimana didalam modul ini terdapat materi yang mampu membuka cakrawala pemikiran dan wawasan baru. Pemahaman akan materi ini mampu membuat saya mengelola program yang berdampak positif pada murid serta membuat perubahan - perubahan kecil yang berdampak positif utamanya pada murid dan pada lembaga secara umum.
Peran inilah yang mesti saya lakoni sebagai seorang pendidik, dimana saya harus benar - benar mengutamakan dan berpihak pada murid dalam membersamai mereka agar mereka dapat mencapai tujuan mulianya yakni keselamatan dan kebahagiaan setinggi - tingginya baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.
2. CHALLENGE