Best Practice ini disusun sebagai kegiatan refleksi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori 2, tahun 2022.
Tujuan Pelaksanaan PPL Meningkatkan motivasi, kemampuan HOTS, dan hasil belajar dengan karakteristik peserta didik yang berdiferensiasi pada mata pelajaran Ekonomi menggunakan model pembelajaran inovatif Problem Based Learning.
SITUASI
SMAIT Ibadurrohman Tasikmalaya sekolah yang menerapkan sistem boarding school di mana kondisi pembelajaran yang terjadi di antaranya:
Kondisi dari aspek Peserta Didik
- Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran relatif rendah. Kurang aktif dalam diskusi dan tanya jawab serta mengandalkan peserta didik yang dianggap cerdas dalam kegiatan kelompok.
- Fokus belajar rendah. Disebabkan faktor internal peserta didik yakni motivasi dan kesiapan belajar yang rendah, juga dari faktor eksternal yakni padatnya kegiatan asrama yang menyita energi peserta didik.
- Hasil belajar yang relatif rendah. Ketuntasan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi berkisar 65-70% dari jumlah peserta didik.
Kondisi dari aspek Pendidik
- Pendidik menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah dan berperas sebagai sumber belajar utama sehingga kegiatan pembelajaran bersifat teacher centered dan kurang mengoptimalkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
- Kondisi dari aspek sekolah (sarana-prasarana pembelajaran)
- Terbatasnya penggunaan TPACK dalam kegiatan pembelajaran karena fasilitas TIK/sarana pembelajaran belum memadai.
Kondisi/situasi dan permasalahan pembelajaran yang ditemukan pada mata pelajaran Ekonomi di SMAIT Ibadurrohman Tasikmalaya tentu bukanlah permasalahan yang asing bagi para pendidik, sehingga praktik ini penting dibagikan agar pendidik lain dapat mengambil hikmah dari praktik yang telah dilaksanakan.
Pendidik sebagai manager dan fasilitator utama dalam kegiatan pembelajaran, diharuskan untuk mampu menyajikan pembelajaran dengan model dan pendekatan yang dapat mengoptimalkan aktivitas dan partisipasi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dianggap dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik karena dalam model ini, peserta didik diarahkan untuk menggali permasalahan serta melakukan eksplorasi untuk menemukan pemecahan permasalahan. Sehingga penulis menyusun best practice pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini dengan tujuan Meningkatkan motivasi, kemampuan HOTS, dan hasil belajar peserta didik dengan karakteristik peserta didik yang berdiferensiasi pada mata pelajaran Ekonomi menggunakan model pembelajaran inovatif Problem Based Learning.
Â
TANTANGAN
Terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pencapaian tujuan baik dari aspek pendidik, peserta didik maupun dari sarana prasarana pembelajaran yang tersedia.