Mohon tunggu...
NANA SURYANA ALJOE
NANA SURYANA ALJOE Mohon Tunggu... Dosen - Dosen IAILM Suryalaya Tasikmalaya

Pemerhati Pendidikan Dasar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kembangkan Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC

13 Agustus 2023   21:46 Diperbarui: 13 Agustus 2023   22:00 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Era abad 21 menuntut sumber daya manuisa memiliki keterampilan level tingkat tinggi (higer order competenci). Menurut Anis Baswedan, keterampilan tingkat tinggi ini dapat diperoleh ketika pendidikan diletakkan pada tiga kerangka dasar utama. 

Tiga kerangka tersebut yaitu karakter (karakter moral dan kinerja), kompetensi ditandai dengan empat keterampilan (4C), yaitu Communication, Critical thinking and Problem solving, Collaboration, dan Creative Thinking, dan litersi (minat dan daya baca, literasi budaya, literasi keuangan.

Dalam konteks pembelajaran tugas dan peran pendidik semakin penting. Oleh karenanya berbagai model inovatif sudah diciptakan dan dihadirkan para ahli di luar negeri. Tujuannya membantu peserta didik menjadi insan-insan yang sarat dengan berbagai keterampilan. Model-model tersebut diciptakan, ditemukan, dan diujicoba dengan mempertimbangkan kondisi di negara dimana ahli menciptakannya. 

Ketika model tersebut diterapkan di Indonesia, tentu banyak hal kurang sesuai dengan karaktertsik bangsa Indonesia. Alhasil, hasilnya pun tidak berbanding lurus dengan tujuan dihadirkannya model tersebut. Wahyu Sopandi (2007) memberikan solusi melalui model pembelajaran yang relatif sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia yaitu model pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-and Create atau disingkat RADEC.

Mengenal Model RADEC 

Berbekal pengetahuan selama studi progam magister dan doktoral di luar negeri, sejak tahun 2007, Wahyu Sopandi mencoba meracik sebuah model pembelajaran yang diberi nama RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-and Create). Model RADEC ini sudah diuji coba di beberapa SMP, SMA di kota Bandung dan hasilnya menunjukan melalui penggunaan model RADEC terjadi peningkatan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah.

Sebagai model pembelajaran, RADEC memiliki langkah-langkah (sintaks) dalam proses pelaksanaanya, yaitu :

Step 1: Read (R).

Siswa membaca buku sumber dan sumber informasi lain yang bertemali dengan materi yang akan dipelajari di kelas. Pendukung kegiatan ini yaitu sSumber belajar (tertulis seperti buku teks dan atau elektronik).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun