Ana Listy Fikri Nur Issabil (Mahasiswa PGSD UNNES) dan Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd. (Dosen PGSD UNNES)
Keterampilan kadang dianggap remeh dan dianggap kurang penting sehingga sering tidak diperhatikan dibanding mata pelajaran lain dalam kurikulum terutama di era globalisasi. Kreativitas sangat penting dalam bersaing dengan dunia luar yang memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi. Sejatinya kreativitas manusia dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran yang kondusif di pendidikan formal dengan dukungan kurikulum yang mendukung agar guru dapat mengajar dengan efektif.
Salah satunya pengimplementasian keterampilan terdapat pada mata pelajaran seni budaya. Mata pelajaran seni budaya bukan hanya sekadar mengenal berbagai jenis seni, namun juga menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengasah dan mengimplementasikan berbagai keterampilan penting. Keterampilan-keterampilan ini tidak hanya terbatas pada ranah seni semata, tetapi juga melintasi berbagai bidang kehidupan. Sehingga peserta didik dapat mengembangkan keterampilan yang mereka miliki.Â
Mengasah keterampilan peserta didik dalam pembelajaran seni budaya di SD adalah investasi jangka panjang. Mata pelajaran ini tidak hanya mengajarkan siswa tentang berbagai bentuk seni seperti seni rupa, musik, tari, dan drama, tetapi juga membantu mereka mengembangkan berbagai aspek kecerdasan dan kreativitas.
Pembelajaran seni budaya di sekolah dasar memiliki peran yang sangat krusial dalam perkembangan holistik seorang anak. Materi pelajaran ini tidak hanya sekadar mengajarkan teknik menggambar atau menari, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek perkembangan anak, baik itu kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
Pembelajaran seni budaya di SD memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan holistik siswa. Dengan memberikan pengalaman belajar yang kaya dan menyenangkan, seni budaya dapat membantu siswa mengembangkan kreativitas, kecerdasan, dan karakter yang baik. Sehingga memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bereksplorasi dan berkreasi dalam bidang seni, kita telah memberikan bekal yang sangat berharga bagi masa depan mereka. Berikut beberapa tujuan pembelajaran Seni Budaya di SD :Â
1. Mengembangkan kreativitas:Â
Seni budaya mendorong siswa untuk berpikir kreatif, mengeksplorasi ide-ide baru, dan menemukan cara-cara unik untuk mengekspresikan diri.
2. Meningkatkan kemampuan estetika:
Melalui pembelajaran seni budaya, siswa diajarkan untuk menghargai keindahan dan keunikan karya seni, baik karya seni sendiri maupun karya seni orang lain.
3. Memperkuat identitas budaya: