Mohon tunggu...
Nana Marcecilia
Nana Marcecilia Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Menikmati berjalannya waktu

Mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Menikmati Budaya Jawa dari Instagram Kraton Jogja

1 Juli 2020   16:26 Diperbarui: 1 Juli 2020   16:22 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Instagram @kratonjogja | Dokpri

Yogyakarta menjadi tempat wisata favorit saya, bahkan saya bercita-cita mau tinggal disana dengan pasangan pas usia senja nanti.

Adem, tenang, dan jauh dari hiruk pikuk membuat saya sangat betah disana. Tutur kata dan sikap yang santun, serta sangat ramah dari para warganya membuat saya semakin betah.

Chemistry saya dengan Yogyakarta bisa jadi tumbuh karena terlalu sering membaca tentang sejarah kerajaan Jawa. Sultan Agung dan Sultan Hamengku Buwono I menjadi tokoh idola saya dalam kerajaan di Indonesia. Kedua Sultan ini mengajarkan pada saya untuk terus bersemangat menimba ilmu, harus memiliki prinsip dan harga diri, serta mencintai budaya bangsa sendiri.

Karena keseringan baca dan nonton, akhirnya lama-lama saya penasaran juga dengan Budaya Jawa. Ada salah satu buku yang menyajikan makna dari falsafah orang Jawa, saya tertarik, namun sama sekali gak kuat untuk menyelesaikan buku tersebut. Baru buka buku, pasti langsung ingin tidur. Hehe. Pasalnya sulit bagi saya menyerap makna kalimat yang disajikan dalam buku tersebut.

Akhirnya saya pun lebih senang menonton di channel YouTube. 

Saya sangat menyukai tontonan media yang mewawancarai Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hayu. Jawaban-jawaban yang beliau berikan atas pertanyaan reporter sangat membuka wawasan. 

Semakin bersemangat untuk mencari tahu tentang budaya Jawa ketika GKR Hayu mengatakan bahwa gerakan dalam tarian Jawa terkandung makna, salah satunya mengajarkan wanita harus memiliki sikap yang lemah lembut, namun memiliki hati yang teguh dan tegar. Selain itu, beliau juga menjelaskan ada  salah satu gerakan tarian Jawa yang maknanya masih relevan dengan kehidupan sekarang yakni jadi orang jangan munafik.

Saya menyukai simbolisasi seperti itu, karena adanya budaya menunjukkan kita sangat bersyukur pada ciptaan Tuhan, dimana kita memakai akal budi yang telah Tuhan berikan untuk menciptakan suatu peradaban budaya. 

GKR Hayu yang kuliahnya mengambil jurusan IT telah membuat Website dan sosial media supaya masyarakat Indonesia bisa memahami dan memiliki akses untuk mencari tahu lebih dalam mengenai budaya Jawa.

Instagram @kratonjogja pun langsung saya follow. Kontennya sangat menarik dan membuka wawasan mengenai aktivitas di Keratonan, makna budaya Jawa, serta sejarah para Sultan terdahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun