Mohon tunggu...
Nana Marcecilia
Nana Marcecilia Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Menikmati berjalannya waktu

Mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Kreativitas Para Aransemen Lagu Amatir

29 Agustus 2019   14:22 Diperbarui: 29 Agustus 2019   14:23 510
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Materibelajar.id

Teringat waktu itu saya masih ada kelas seni menyanyi. Kami sekelas diharuskan membentuk kelompok, kemudian mengaransemen lagu daerah.

Saat saya duduk di kelas SMA, tentu lagu daerah bukanlah lagu favorit. Lagu Mandarin dan Barat saat itu sedang hits di era kami. Walaupun kami tahu lirik-lirik lagu daerah, dikarenakan guru kami sedari SD selalu meminta kami untuk menghafal lagu daerah, dan setiap minggu, secara bergiliran kami harus menyanyi lagu-lagu daerah di depan kelas. 

Tetapi, ketidaksukaan kami pada lagu daerah berubah, ketika kami diharuskan untuk mengaransemen lagu daerah.

Di kelompok saya, ada dua orang teman yang memang sangat berbakat pada bidang musik. Mereka berdua yang mengatur masing-masing orang berada pada level nada suara yang mana. Saya termasuk yang tidak bisa menyanyi, karena itu saya mendapat jatah untuk teriak "Hey.. hey", dan membuat nada sahutan ketika akhir nada, sembari menepuk tangan.

Yamko Rambe Yamko, itulah yang kami nyanyikan. 

Setelah sudah di aransemen oleh kedua teman saya tersebut, saya kaget sekali ternyata Yamko Rambe Yamko sangat enak sekali didengar, dan dinyanyikannya pun menciptakan rasa semangat.  Walau saya tidak tahu arti dari lagu tersebut, dan hanya kedapatan jatah "Hey hey" dan sahutan nada akhir saja. 

Ketika kami menyanyikan lagu tersebut, teman-teman sekelas tidak bisa menahan diri untuk ikutan menyanyikan lagu tersebut. Menularkan semangat dan keceriaan.

Kemudian, setelah kelompok saya, ada kelompok lain yang menyanyikan lagu Ampar-Ampar Pisang. 

Dibuka dengan teriakan "Heyy.. heya..e.. yae..", kemudian dilanjutkan lirik lagu daerah tersebut dengan kreativitas aransemennya. Dan lagi, kami sekelas tidak bisa menahan diri untuk ikut bernyanyi. Karena nadanya sangat enak didengar dan memberi semangat. Malah rasanya ingin sekali bermain permainan Ampar-Ampar Pisang kala itu. 

Rasa Sayange, juga diaransemen oleh kelompok lagu lain. Ketukan nadanya membuat kami teringat pada gerakan Senam Kesehatan Jasmani (SKJ), yang harus kami lakukan setiap minggunya dulu. Tentu kami pun ikut menyanyikannya dengan riang gembira.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun