Mohon tunggu...
Desi Namora
Desi Namora Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger Belajar Bisnis

Menikmati hidup dengan berbagi tulisan

Selanjutnya

Tutup

Money

JNE Melayani, Pelanggan Meyakini

16 November 2014   06:38 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:42 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

"To give real service you must add something which cannot be bought or measured with money, and that is sincerity and integrity" -Douglas Adams-

Petuah itu yang sangat diterapkan oleh JNE. Setidaknya, begitu yang saya alami setelah lalu lalang dengan berbagai macam jasa pengiriman. Ada kekuatan lebih yang dimiliki oleh perusahaan jasa ini, yaitu ketulusan dan integritas. Dua hal penting yang tidak dapat dibeli murah dari hati pelanggan dan tentu bukanlah hal yang mudah juga untuk mewujudkannya. Kerja keras  dalam membangun citra untuk dipercaya pelanggan membuahkan hasil. Nilai ketulusan pelayanan yang diberikan akhirnya  melahirkan  pelanggan yang loyal.

Mengenal dan menggunakan jasa  JNE, bukanlah satu atau dua tahun, sudah hampir lebih dari satu dekade. Penggunaan jasa pengiriman ini menjadi akrab dengan saya sejak meninggalkan kampung halaman, merantau untuk melanjutkan sekolah hingga sekarang stay di salah satu kota besar di Indonesia. Jasa pengirimannya sangat berperan besar dan memperoleh andil dalam keberlanjutan hidup.  Nilai integritas dan ketulusan saat melayani pelangganlah yang menjadikan saya pelanggan loyal JNE.

Sekedar kilas balik kebelakang, JNE sudah sangat berjasa dalam beberapa episode kehidupan saya.
Yang pertama,  saat pengiriman dokumen yang sangat diperlukan untuk keperluan administrasi di kampus. Selain letaknya dekat dengan kostan, staf agen JNE yang berada di kawasan kampus itu sangat easy going. Saya merasakan kenyamanan dengan pelayanan yang diberikan, meski hati sedang ketar-ketir memikirkan deadline pengumpulan dokumen. Dengan santun dan cekatan staf JNE mengenalkan berbagai jenis layanan dan memastikan pilihan layanan sesuai dengan keinginan yang saya harapkan. Puji syukur, dokumen yang saya kirimkan sampai sesuai dengan perkiraan.

Yang lebih bikin hati dag dig dug der, adalah saat pengiriman aplikasi beasiswa ke Jakarta. Salah satu persyaratan beasiswa yang saya ajukan ternyata baru akan saya terima di waktu yang sangat mepet  dengan deadline,  sehari sebelum waktu pengumpulan. Tapi, fasilitas YES (Yakin Esok Sampai)  dari JNE menghilangkan galau tingkat tinggi tersebut. Pas setelah saya  menerima berkas langsung lari ngibrit ke JNE, minta layanan YES untuk dokumen saya, dan plus kirim kekuatan doa. Alhamdulillah ia mendarat dengan selamat.

Pengalaman lainnya adalah saat pengiriman bingkisan untuk orang tua dan keluarga di kampung halaman. Bingkisan yang saya kirimkan berupa makanan. Saya khawatir  makanan tersebut saat dimakan akan tidak sesuai dengan rasa khasnya. Namun, berkat layanan pengiriman JNE, bingkisan makanan tersebut sampai dengan aman di rumah dan keluarga pun senang.

Pengalaman berkesan lainnya adalah saat menerima paket hadiah datang. Saat ini, saya sedang rajin ikut lomba blog. Dan Alhamdulillah, beberapa lomba blog yang saya ikuti tersebut 'nyangkut' di hati para juri. Yeaayyy, saya menang. Mulai dari hadiah berupa gadget, buku, barang pecah belah. Semua mendarat mulus di rumah. Oiya, yang saya bikin tambah salut adalah saat penerimaan hadiah berupa gadget. Si abang kurir dengan santun menawarkan untuk membuka barang lebih dahulu demi memastikan barang elektronik di dalamnya dalam kondisi aman. Saya semakin happy,  kemasan pelindung kayu yang buat saya agak susah membukanya, dibuka dengan gampang oleh si abang kurir.  Setelah memastikan gadgetnya aman, baru deh si abang kurir pergi.  Hmm, pelayanannya TOP deh.

Layanan JNE juga sangat membantu kelangsungan online shop bross hand made yang saya kelola.  Terlebih saat saya bekerja, ketika membutuhkan pengiriman berkas dokumen. JNE menjadi pilihan utama.  Tak akan berpaling ke lain hati. Soalnya sudah terbukti banyak membantu dalam kehidupan.

Yang bikin makin jatuh cinta adalah, saat menerima pengiriman paket di hari minggu. Saat hujan deras pula. Memang waktu sudah sore, si abang kurir lengkap dengan kostum jas hujannya, mengirimkan paket tersebut sampai di rumah. Dalam hati bermonolog, 'kenapa gak besok senin saja, manalagi hujan, dan sudah sore pula'. Jadi makin tambah loyal-lah  pelanggan kayak saya  diperlakukan kayak gitu, hehehe

Integritas dan ketulusan pelayanan JNE yang membuat saya makin loyal adalah:
1. Layanan yang ramah
2. Pengemasan yang baik
3. Tracking barang yang update
4. Kepuasan pelanggan
5. Inovasi pelayanan yang tiada henti, yang mungkin suatu saat akan saya perlukan jasanya. Misalnya saja Jesika (Jemput ASI Seketika), layanan trucking untuk kebutuhan saat pindah rumah.

Gak salah lagi, kalo JNE itu adalah jasa pengiriman yang mengedepankan pelayanan yang tulus dan berintegritas. JNE murni merupakan  karya anak bangsa  dengan kualitas  internasional. Dan bukan hal yang mustahil,  jika JNE akan melebarkan sayapnya untuk menjadi jasa pengiriman yang mendunia.

Tetap terus semangat melayani, Happy Milad yang ke-24 JNE. Sukses terus dalam pelayanannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun