Saat ini, perempuan telah banyak mendapatkan perlakuan yang setara melalui pemberdayaan perempuan atau yang dikenal dengan kesetaraan gender. Berbeda dengan zaman sebelumya, para perempuan kerap dianggap sebelah mata karena mereka diidentikkan dengan urusan domestik rumah tangga.
Seiring kemajuan zaman, jumlah perempuan yang berada diluar ranah domestik rumah tangga kian bertambah. Salah satunya dengan menjadi seorang womenpreneur atau pengusaha perempuan. Womenpreneur pun menjadi topik yang menarik karena wanita dinilai memiliki gaya kepemimpinan yang unik dengan mengutamakan empati dan rasa kasih sayang kepada kepemimpinan serta orang lain sehingga lebih mampu memahami kondisi sosial setempat.
Beberapa tahun terakhir, jumlah entrepreneur perempuan atau womenpreneur di Indonesia terus meningkat. Laporan Mastercard Index of Women Entrepreneurs 2021 menyatakan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-25 dunia, dimana hal ini merupakan sebuah peningkatan dibanding tahun sebelumnya pada 2020 yang berada 5 tingkat lebih rendah. Angka ini mewujudkan terbukanya peluang perempuan untuk berkarir di dunia bisnis.
Nyatanya, menjadi seorang womenpreneur juga memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi seperti anggapan sosial dalam dunia bisnis yang keras mengatakan bahwa dunia wirausaha hanya cocok untuk kaum pria dikarenakan kaum perempuan dianggap terlalu lemah untuk dapat bertahan. Terdapat pula tantangan mengenai dilema keseimbangan peran di dalam dunia bisnis dan keluarga.
Tantangan yang harus dihadapi para womenpreneur ini tergolong cukup berat sehingga dibutuhkan beberapa cara untuk menjadi womenpreneur yang sukses, salah satunya dengan membangun relasi atau jaringan profesional yang dapat dibangun melalui keikutsertaan pada komunitas womenpreneur sehingga mendapatkan wawasan dari womenpreneur lainnya.
Komunitas womenpreneur di Indonesia tidak serta merta dikarenakan membangun relasi saja, melainkan sebagai wadah para pengusaha perempuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan dalam mengelola usaha, dan memberdayakan kaum perempuan di dalam kegiatan usaha. Terdapat beberapa komunitas womenpreneur di Indonesia seperti Womanpreneur Community dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).
Dengan adanya komunitas womenpreneur di Indonesia serta ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa entrepeneurship di kalangan para perempuan sehingga dapat berkontribusi dalam dunia usaha dan mewujudkan terbukanya peluang besar perempuan untuk berkarir di dunia bisnis serta menjadi indikator yang berpengaruh dalam memajukan ekonomi negara.