Mohon tunggu...
Astin Soekanto
Astin Soekanto Mohon Tunggu... -

pecinta travel. museum. seni. sejarah. adat. ritual. budaya. etnik. tradisional. indonesia

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Ragam Budaya di Tanah Seribu Kampung, Sumba, NTT

23 Desember 2014   12:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:39 678
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arsitektur, seni dan budaya dari perkampungan adat, selalu berhasil mencuri perhatian dan minat saya. Mendatangi kampung-kampung adat yang tersebar di seantero bumi Indonesia, membuat saya menjadi lebih banyak mengenal kehidupan mereka dan filosofi-filosi yang tersembuyi di balik apa yang telah mereka yakini selama ini. Hal ini juga mendorong pemikiran saya untuk lebih terbuka pada keragaman dan tidak mudah menghakimi keyakinan dan kepercayaan orang lain.

Ada beberapa rumah adat yang belum saya kunjungi dan masih berada dalam daftar wajib dikunjungi, seperti misalnya: rumah Mbaru Niang di Flores, rumah Lamin di Kaltim, rumah Gadang di Minangkabu, rumah Honai di Papua, dan masih banyak lainnya. Sementara beberapa rumah adat yang pernah saya kunjungi, antara lain: rumah adat Sasak Desa Sade dan Desa Segenter di Lombok, rumah adat Donggo di Bima NTB, rumah adat Tongkonan di Toraja, dan yang paling terakhir Maret 2014 kemarin adalah rumah adat Sumba, NTT. Ada yang menyebutnya Uma Bokolu, ada pula yang menyebutnya Uma Mbatangu.

Perjalanan saya ke Sumba boleh dibilang fifty-fifty. Artinya, tidak sepenuhnya saya melakukan perjalanan seorang diri, tapi juga tidak sepenuhnya melakukan beramai-ramai bersama teman-teman. Dari Semarang sampai Sumba saya sendiri, di Sumba saya bergabung dengan teman-teman yang aseli sana. Keberanian saya mengunjungi Sumba, modalnya cuma satu, yaitu punya kenalan satu orang asal Semarang (kota tinggal saya) yang saat ini tengah bekerja di Sumba. Namanya Mas Hastoto (Toto), dia bekerja di Dinas Kehutanan.

Sekitar jam 12 siang, kaki saya pertama kali menginjak tanah Sumba, tepatnya di Bandara Tambaloka. Keluar dari pintu bandara, jantung saya mulai deg-degan. Seperti apa ya jenis transportasi di bandara ini? Mudahkah? Perlukah tawar menawar? Bermacam-macam pertanyaan yang berkecamuk di benak saya. Saya mencari warung untuk sekedar minum teh sembari berharap nantinya bisa mendapatkan informasi dari si penjual warung. Soalnya, strategi inilah yang saya pakai saat berada di Bandara Bima NTB. Dan terbukti cukup berhasil. Tapi, sampai lelah mata ini mencari warung di seputaran bandara, tak ketemu jua. Akhirnya saya menyerah pada tawaran calo taxi (baca: mobil angkutan plat hitam). Rp 70.000,- dari bandara sampai hotel di Waikabubak. Ada 3 orang lain yang bersama saya satu mobil waktu itu. Tapi karena salah satunya melakukan komunikasi via HP dengan suara yang sangat keras, maka saya mengurungkan niat untuk menjalin percakapan dengan yang lain.

Sampai hotel, saya segera mengabari teman saya, Mas Toto, yang saat itu sedang menjadi saksi pada kasus pencurian kayu (illegal logging). Dia berjanji akan segera mendatangi saya begitu sidang selesai. Sambil menunggu kedatangan dia, saya mulai bersih-bersih dan istirahat. Selang beberapa saat, Mas Toto datang dan mengajak saya makan di sebuah warung yang cuma ada satu-satunya di Waikabubak. Selesai makan saya diajak ke rumah salah satu temannya. Di sana sudah berkumpul banyak orang dan kamipun saling berkenalan. Ada Kak Andy yang hobinya nyela-nyela kalau ada orang gegayaan foto-foto, Kak Lenny yang imut, Mujiz yang hobinya galau, dan Kak Ache isterinya Kak Andy. Sampai sekarangpun, kami masih saling rajin menyapa melalui HP. Lalu setelah teman-teman bertanya jenis wisata yang saya inginkan, kamipun mulai merencanakan perjalanan ke kampung-kampung adat, baik itu di Sumba Barat, Sumba Barat Daya, maupun Sumba Timur. Hanya Sumba Tengah yang kami lewati, karena keterbatasan waktu.

14192863061055030081
14192863061055030081

Kampung adat yang pertama kami kunjungi adalah Kampung Adat Tarung. Lokasinya masih di Waikabubak, bahkan dari hotel saya cukup berjalan kaki saja. Begitu sampai di lokasi, mata saya langsung terbelalak melihat keunikan rumah adat di sini. Bentuk atapnya tinggi seperti kerucut, bahannya terbuat dari alang-alang. Sementara bagan dan dinding rumah-rumah adat ini terbuat dari bahan kayu atau pohon. Di teras rumah masing-masing penduduk, hampir selalu tersedia alat tenun.

Seorang gadis muda bernama Nona Weebole menyambut saya dengan ramah. Di teras rumah, saya disuguhi sirih pinang yang diletakkan dalam piring yang terbuat dari anyaman bambu. Sajian kedua buah ini merupakan simbol ucapan selamat datang bagi para tamu yang berkunjung. Jika kita memakannya, mulut dan gigi kita akan berwarna kemerah-merahan. Dan karena sirih pinang merupakan semacam bentuk penghormatan bagi para tamu, maka seorang tamu hendaknya tidak menolak sajian sirih pinang itu.

Setelah basa-basi sebentar dan sempat ditawari kinang sirih, saya diajak memasuki rumah utama. Banyak ornament (tulang-tulang, bulu-bulu, dll) yang dipajang di bagian atap rumah. Mungkin karena sehari-hari siaran di radio saya terbiasa mewawancarai orang, maka hampir setiap detil yang ada di rumah itu saya tanyakan ke Nona Weebole. Gadis cantik berambut ikal inipun dengan ramah mencoba menjelaskan apa yang saya tanyakan. Ketika saya bertanya, apakah pas musim hujan tidak merasa kedinginan, karena pintu rumah itu dibiarkan terbuka tanpa tutup? Dia memberi penjelasan, bahwa pohon-pohon tua yang umurnya ratusan tahun dan menjadi penyangga rumah itu, secara alami dan otomatis bisa mengatur suhu udara di dalam rumah. Jika tiba saatnya musim kemarau, pohon itu menyerap udara panas yang berlebihan, dan kemudian panas yang diserap itu disimpan, nantinya akan dikeluarkan saat musim hujan tiba, sehingga suhu di dalam rumah menjadi hangat. Lalu, ketika saya menanyakan, kenapa kuburan atau makam batu posisinya ada di depan rumah? Dia menjelaskan, agar warga desa di sini selalu mengingat bahwa kematian itu ada di depan kita, sehingga selama masih hidup kita perlu berbuat kebaikan. Dan masih banyak lagi pertanyaan yang saya ajukan, yang kalau saya tulis semuanya barangkali bisa menjadi sebuah buku. Hehehe…

Kampung adat kedua yang kami singgahi adalah Kampung Adat Rategaro. Kami berenam (saya, Andi, Ache, Mujiz, Andy, Lenny) berboncengan naik motor menuju kampung yang lokasinya ada di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya.  Saya ngotot pengin ke tempat ini, karena hari itu akan diselenggarakan event Pasola.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun