Mohon tunggu...
Nadya Zalfa Safinatunnajah
Nadya Zalfa Safinatunnajah Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Saya seorang mahasiswi semester 6 yang sedang mencari fokus minat dalam bidang jurnalistik. Hobi saya adalah melakukan hal yang saya suka pada saat tersentu dan tidak bisa dipastikan akan selalu sama. Hal yang sedang saya latih adalah keterampilan public speaking. Karna saya ingin bisa lebih percaya diri saat berbicara baik di depan banyak orang maupun di depan kamera.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Dompet Dhuafa Volunteer

24 Februari 2023   22:34 Diperbarui: 24 Februari 2023   22:43 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Sejak masuk kuliah, aku berkeinginan tinggi untuk mengikuti berbagai kegiatan baik dalam kampus maupun luar kampus salah satunya menjadi relawan. Setelah mencoba banyak hal akhirnya aku tergabung dalam Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Chapter Jawa Barat. 

Banyak kegiatan yang sudah dilalui semasa menjadi DDV ini dan selalu berkesan. Selain banyak mendapat pengalaman yang luar biasa, aku juga bisa mendapatkan banyak relasi dari berbagai daerah karena DDV ini tidak hanya di Jawa Barat tetapi ada dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Kegiatan yang udah aku lalui dari awal tergabung yaitu Vaksinsi Massal yang diadakan di SeskoAD TNI tanggal 21 Agustus 2021. Saat itu aku bertugas sebagai tim input data jadi gak terlalu banyak berinteraksi sama peserta. Tapi aku tetep memperhatikan sekitar dan cukup menyentuh hati gitu waktu vaksinasi para penyandang disabilitas. Salah satu pengalaman berharga bagi aku bisa ikut dalam kegiatan tersebut. 

Baca juga: Semprotulation

Lanjut dikegiatan bersih-bersih pantai atau katanya kalo bahasa kerennya tuh World Clean Up Day acaranya di Garut pantai Santolo. Disana seru banget selain bersih-bersih pantai meskipun dalam keadaan terik banget aku juga ikut water rescue naik perahu karet gitu hahaha. Pokoknya seru dehh mana bareng temen-temen semua kan jadi nambah seru. Ini waktu 17-19 September 2021.

Lanjutt di tanggal 7-9 Desember 2021 ini salah satu part terseru juga soalnya ikut Pelatihan Kebencanaan di Pangalengan. Banyak materi yang didapet mulai dari cara First Aid, assessment bencana, praktek dapur umum, sampe ke praktek water rescue, dan simulasi bencana. Mulai deh dari situ rasa ingin terjun ke kebencanaan untuk bantu masyarakat sekitar soalnya emang berasa seseru itu. 

Qodarullah, tanggal 20 Februari 2022 aku bisa ikut respon bencana banjir di Sukabumi secara langsung. Meskipun gak harus dampe water rescue karna waktu itu banjirnya juga udah surut tapi banyak lah pengalaman yang aku dapetin. Aku kebagian jaga pos hangat dan bantu-bantu ngeberesin puing-puing bangunan yang roboh dan jadi ikut ngerasain gimana sedihnya orang-orang yang terdampak bencana ini. Tapi ini bener-bener pengalaman yang seru sih gakan dilupain ya walaupun waktu itu cuma bisa ikut respon sehari aja sih. 

Karna kalau diceritain di sini bakal panjang banget aku lanjut part 2 yah. See you!

Baca juga: Starting My 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun