Mohon tunggu...
NAJWA MUTIA DJUNAEDI
NAJWA MUTIA DJUNAEDI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Motivasi dalam Meningkatkan Semangat Belajar

12 Desember 2023   09:15 Diperbarui: 12 Desember 2023   13:39 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Motivasi adalah inti dari pembelajaran. Motivasi dapat menggerakkan, mengarahkan, dan menguatkan perilaku dalam melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bagaimanapun, motivasi adalah pendorong paling penting dan utama dalam perilaku manusia. Tanpa motivasi, seseorang akan kesulitan melakukan gerakan dan tindakan karena kurangnya dorongan untuk mencapai tujuan. Motivasi juga mencakup proses yang menstimulasi, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku. Motif diaktifkan pada saat-saat tertentu, terutama ketika kebutuhan untuk mencapai suatu tujuan dirasakan sangat mendesak (Sardiman, 2016).

Secara etimologis, kata motivasi berasal dari kata motif yang berarti dorongan, kemauan, alasan, atau keinginan. Motivasi adalah kekuatan yang menciptakan dan mengendalikan perilaku individu. Motivasi bukanlah suatu perilaku melainkan suatu keadaan internal yang kompleks yang tidak dapat diamati secara langsung tetapi mempengaruhi perilaku. Penafsiran motivasi didasarkan pada perilaku verbal dan nonverbal. (Mahfudl , 1990)

Terkait dengan pengertian motivasi, beberapa psikolog menyatakan bahwa motivasi adalah suatu konstruksi hipotesis yang menggambarkan keinginan, arah, kekuatan, dan konsistensi perilaku yang diarahkan pada tujuan. Motivasi mencakup konsep-konsep seperti kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan untuk memiliki, kebiasaan, dan rasa ingin tahu seseorang terhadap sesuatu. 

Fungsi Motivasi dalam Belajar 

Berhasil atau tidaknya proses belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh motivasinya. Menurut Sanjaya (Emda, 2017), motivasi dalam belajar mempunyai dua fungsi, yaitu:

a. Mendorong siswa untuk beraktivitas.

Tindakan yang terjadi pada setiap  individu terjadi melalui dorongan. Dorongan ini bisa datang dari dalam  maupun dari luar, dan itulah yang dimaksud dengan motivasi. Semangat belajar seseorang  sebanding dengan keinginannya untuk belajar. Semakin besar semangat belajar seseorang maka semakin besar motivasinya, begitu pula sebaliknya. 

b. Sebagai pengarah tingkah laku.

Tindakan individu sebenarnya diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dan pencapaian tujuan. Motivasi mempunyai fungsi untuk mendorong usaha dan mencapai kesuksesan. Jika mempunyai motivasi yang baik ketika belajar maka akan membawa keberhasilan yang baik pula. 

Fungsi motivasi yang disampaikan oleh Djamarah dalam (Suharni & Purwanti, 2018) terdiri dari tiga, ialah:

1. Motivasi sebagai pendorong perbuatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun