Budaya merupakan cara hidup yang diwarisan dan dibagikan oleh suatu kelompok masyarakat terdahulu. Budaya terbentuk melalui berbagai unsur, seperti: Norma, Nilai, kepercayaan, Adat istiadat, kesenian, Pengetahuan, Bahasa, Pakaian, Makanan, dan Ekspresi seni.
Budaya semakin berkembang pesat dan banyak dikenal masyarakat luas melalui adanya media sosial. Media sosial sendiri merupakan platform digital yang dapat menampilkan berbagai konten seperti tulisan, foto, ataupun video. Media sosial sendiri juga dapat masyarakat akses secara langsung, dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya media sosial ini budaya dapat diperkenalkan secara luas agar dapat diketahui oleh masyarakat luas misalnya budaya lokal maupun budaya yang baru.
Media sosial dapat mendorong perkembangan budaya dengan cara :
- Memfasilitasi pertukaran budaya
- Media sosial memungkinkan kita untuk berinteraksi dan bertukar budaya secara bebas. Dengan begitu, kita dapat mengetahui budaya lain dengan mudah, seperti melalui tayangan di timeline media sosial.
- Memperluas eksposur budaya lokal
- Media sosial dapat menjadi platform bagi budaya lokal untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas. Misalnya, seniman lokal bisa memperkenalkan karya seni mereka kepada semua orang dengan lebih luas melalui media sosial tersebut.
- Memfasilitasi pertukaran budaya antar individu dan komunitas
- Media sosial memungkinkan orang untuk terhubung dengan budaya-budaya lain di seluruh dunia. Maka dari itu, orang dapat belajar dan memahami budaya-budaya baru, tidak hanya budaya lokal saja tetapi juga dapat mengenal budaya luar.
- Ada beberapa platform media sosial seperti X, Instagram, Tiktok, Facebook, dan lain sebagainya. X menjadi salah satu platform untuk menyebarkan dan mencari informasi, walaupun kredibilitas dari akun yang memberi informasi dan isi informasinya masih belum bisa dipastikan kebenarannya, akan tetapi banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan melalui media sosial ini salah satunya tentang budaya.
Penyebarluasan informasi melalui aplikasi X memiliki kelebihan diantara nya informasi yang disampaikan cepat tersebar, menjangkau banyak pengguna, mudah digunakan, serta banyak nya pengguna aplikasi ini. Pada April 2024 jumlah pengguna aplikasi X di Indonesia adalah 24,85 juta orang. Jumlah ini menempatan Indonesia di peringkat keempat pengguna aplikasi X terbanyak didunia
Aplikasi X juga menyajikan fitur seperti like, retweet, comment. Dengan adanya fitur ini kita dapat dengan mudah mengekspresikan atau menyampaikan pendapat kita dengan mudah. Dengan adanya media sosial dapat dipastikan perkembangan budaya bisa semakin pesat dan dapat dengan mudah dikenal oleh seluruh dunia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H