Mohon tunggu...
Najmah Banu
Najmah Banu Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa STAI AL-HAMIDIYAH prodi pendidikan agama islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perencanaan Pembelajaran: Fungsi, Manfaat dan Urgensi

7 Juli 2024   13:01 Diperbarui: 7 Juli 2024   13:18 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perencanaan atau yang biasa disebut dengan "planning" memiliki dasar kata "rencana" yang artinya proses pelaksaaan suatu kegiatan yang terarah untuk pencapaian pada tujuan tertentu. Sementara itu pembelajaran adalah suatu proses komunikasi timbal balik yang dilakukan oleh guru dengan siswa atau siswa dengan siswa untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Ragan & smith (1992) mengatakan bahwa perencanaan pembelajaran itu berkaitan dengan proses sistematik dalam mengartikan prinsip prinsip belajar pembelajaran kedalam suatu rancangan materi dan aktivitas pembelajaran. Maka pengertian dari perencanaan pembelajaran yaitu membuat suatu rangkaian atau persiapan yang akan dilakukan Ketika mengajar atau aktivitas pembelajaran dengan prinsip prinsip dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Fungsi perencanaan pembelajaran

Perencanaan pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dalam fungsi pengelolaan, karena perencanaan pembelajaran dapat membantu pencapaian target yang lebih ekonomis, tepat waktu dan membuat peluang yang lebih mudah dikontrol dalam pelaksanaannya. Maka secara umum perencanaan pembelajaran berfungsi sebagai pedoman dasar malaksanakan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah disepakati sebelumnya dengan efektif dan juga efisien. Selain itu, perencanaan pembelajaran juga memiliki fungsi khusus bagi guru yaitu sebagai suatu alat untuk mengoreksi kelemahan dan kelebihan dari program pembelajaran yang digunakan dan sebagai upaya peningkatan kualitas mengajar guru.

Manfaat perencanaan pembelajaran

seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa posisi perencanaan pembelajaran sangat penting guna berjalannya pembelajaran yang efektif dan efesien serta agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perencanaan pembelajaran yang baik akan membuat proses pembelajaran yang baik juga. Maka manfaat yang didapat dari perencanaan pembelajaran dalam proses belajar yaitu:

  • sebagai petunjuk arah kegiatan untuk mencapai tujuan.
  • sebagai pola dasar untuk mengatur tugas dan tanggung jawab bagi setiap unsur yang terlibat.
  • sebagai pedoman kerja bagi guru maupun murid.
  • sebagai alat ukur untuk mengetahui ketepatan dan kelembatan suatu pekerjaan.
  • Untuk menjaga keseimbangan kerja dalam penyusunan data
  • Untuk menghemat waktu, tenaga, biaya, dan alat alat.

Urgensi perencanaan pembelajaran

guru yang professional tidak akan meninggalkan tugas dan tanggung jawabnya begitu saja, maka guru harus mampu merencakan suatu pembelajaran sebagai bentuk tanggung jawab terhadap profesinya sebagai pendidik. Perencanaan pembelajaran seharusnya dilihat sebagai alat yang dapat membantu para pengelola pendidikan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pendidik. Perencanaan dapat membantu mencapai tujuan secara lebih efisien dan tepat waktu serta memberi peluang untuk lebih banyak kontrol dan pengawasan selama pelaksanaannya.

Daftar Pustaka

Ali, M. N. (1997). Dasar Dasar Ilmu Mendidik . Jakarta: Mutiara.

Anwar, K. (2008). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun