pendidikan menjadi sangat penting. Menyadari hal ini, Tim Pengabdian dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadakan pelatihan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Nearpod di SMK Nurul Barqi Semarang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menarik melalui inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Tim pengabdian diketuai oleh Dr. Muhammad Harlanu, M.Pd., bersama anggota Dr. Agus Suryanto, M.T., Rizky Ajie Aprilianto S.Pd., M.Eng, dan Darmoyo, S.Pd., M.Kom.
Semarang -- Dalam era digital yang semakin berkembang, inovasi dalamKetua Tim Pengabdian, Dr. Muhammad Harlanu, M.Pd., menjelaskan pentingnya teknologi dalam pendidikan modern. "Nearpod memungkinkan guru untuk menyajikan pelajaran yang tidak hanya menarik tetapi juga interaktif. Ini dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan," ungkapnya.
Kepala SMK Nurul Barqi Semarang, Bapak Ahmad Basyir, S.Pd., menyambut positif inisiatif ini. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa kami. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan guru dapat lebih inovatif dalam mengajar, sehingga hasil belajar siswa pun meningkat," katanya dengan antusias.
Pelatihan yang berlangsung di bulan Maret ini melibatkan guru dari berbagai jurusan di SMK Nurul Barqi yang sangat antusias mengikuti setiap sesi. Materi yang disampaikan meliputi pembuatan konten interaktif, penggunaan fitur-fitur Nearpod, dan strategi pembelajaran digital. Setiap sesi dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan praktis bagi para guru.
Salah satu peserta, mengungkapkan rasa puasnya terhadap pelatihan ini. "Saya belajar banyak tentang cara membuat materi ajar yang interaktif dan menarik menggunakan Nearpod. Ini sangat membantu dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan cara yang lebih efektif," ujarnya.
Lebih dari sekedar pelatihan, acara ini juga diisi dengan diskusi interaktif dan sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta untuk berbagi pengalaman dan solusi terhadap tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.
Dr. Harlanu berharap bahwa hasil dari pelatihan ini dapat segera diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas. "Kami optimis bahwa Nearpod akan menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Nurul Barqi," pungkasnya.
Pelatihan ini bukan hanya memberikan keterampilan teknis kepada guru, tetapi juga mendorong semangat untuk terus berinovasi dalam metode pengajaran. Dengan dukungan teknologi seperti Nearpod, diharapkan para guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar.
Dengan adanya pelatihan ini, SMK Nurul Barqi Semarang siap menghadapi tantangan pembelajaran di era digital, memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik bagi para siswanya.
Semoga inisiatif seperti ini dapat terus berlanjut dan diadopsi oleh lebih banyak sekolah, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia semakin maju dan siap bersaing di kancah global.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H