Saat mendengar istilah Market Segmentasi atau Segmentasi Pasar, apa sih yang ada dipikiran Anda? Segmentasi pasar masih sering tidak diperhatukan oleh banyak pemilik bisnis. Faktanya, segmentasi pasar menjadi salah satu aspek penting yang bisa mensukseskan bisnis. Hal tersebut juga bisa membuat pemilik bisnis lebih mengenal target konsumennya untuk produk yang dijualnya.
Jadi, apa sih segmentasi pasar itu? Apa itu Market Segmentasi? Pengertian dan TujuannyaÂ
Singkatnya, segmentasi pasar merupakan proses mengelompokkan pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok pasar yang berbeda. Yuk simak penjelasan lebih detail dibawah!
Pengertian Segmentasi Pasar
Dilancir dari Casa Kreatif, pengertian segmentasi pasar adalah proses yang bertujuan untuk membagi target pasar atau target konsumen menjadi beberapa kelompok dengan berdasarkan karakteristik, kebutuhan, dan perilaku sesuai pasar. Â Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan salah satu cara untuk mengetahui target pasar lebih dalam agar kegiatan pemasaran berjalan sesuai dengan rencana. Simpelnya, pengelompokkan pasar bisa dijelaskan sebagai proses menganalisis konsumen terhadap produk dan keterlibatan dengan perbedaan ciri konsumen di pasar. Â Segmentasi pasar juga bisa membantu Anda untuk mengetahui keinginan dan apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen, mengembangkan produk, dan meminimalisir kesalahan dalam produksi. Pelanggan pun akan menjadi lebih puas dengan layanan dan produk yang Anda tawarkan.
Tujuan Segmentasi Pasar
Seperti yang Anda baca diatas, tujuan segmentasi pasar yang paling utama yaitu mengelompokkan pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok pasar yang berbeda. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai tujuan dari segmentasi pasar ada dibawah ini yaitu:
1. Meningkatkan Pelayanan Konsumen
Terdapat 4 hal penting yang diperhatikan oleh konsumen ketika mereka ingin membeli suatu produk yaitu kualitas, harga, pelayanan, dan ketepatan waktu. Diantar 4 itu, elayanan merupakan salah satu hal yang dianggap paling krusial. Dengan adanya segmentasi pemasaran ini dapat memudahkan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen sesuai dengan segmentasinya.
2. Strategi Pemasaran Menjadi Lebih Teratur
Dengan menerapkan segmentasi pemasaran, target pasar menjadi lebih terarah. Hal tersebut juga memudahkan kita dalam menyusun harga, distribusi, produk, dan promosinya. Selain itu, dana sebuah perusahaan juga lebih terarahkan ke pasar yang lebih menguntungkan dengan segmentasi pasar.
3. Untuk Mengevaluasi Target
Segmentasi pasar dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi semua kegiatan pemasaran yang sudah di lakukan oleh perusahaan Anda. Hal tersebut pastinya fapat membantu perusahaan supaya bisa memahami trategi pemasaran yang cocok dengan perilaku pasar agar bisa dijadikan sebagai  referensi ketika membuat rancangan bisnis.