Mohon tunggu...
NAJA RAMADINA UINJKT
NAJA RAMADINA UINJKT Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi semester 3 Program Studi PGMI di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pray more, worry less. Keep it simple, but go hard

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pendidikan Islam: Perancangan Efektif dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan

10 Desember 2023   17:54 Diperbarui: 10 Desember 2023   18:23 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagian 10, Konsep Alat, Metode, dan Strategi Pendidikan Islam

Asal usul istilah "strategi" berasal dari dunia kemiliteran, diambil dari bahasa Yunani "strategos" yang artinya jenderal atau panglima. Awalnya, strategi merujuk pada ilmu kejenderalan atau kepanglimaan. Dalam konteks Kamus Bahasa Indonesia, strategi diartikan sebagai "siasat perang atau ilmu perencanaan perang yang cermat untuk mencapai sasaran khusus." Dengan perkembangan waktu, istilah strategi tidak hanya terbatas pada ranah militer, melainkan juga merambah ke berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan.

Beberapa ahli pendidikan memberikan definisi strategi pembelajaran. Azhar menyebutkan bahwa strategi pembelajaran adalah pola umum perbuatan pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Gulo juga mengemukakan bahwa strategi pembelajaran merupakan rancangan dasar pendidik tentang cara menyampaikan materi pengajaran secara bertanggung jawab. Sudjana menambahkan dimensi tindakan nyata dari pendidik, di mana strategi pembelajaran menjadi cara tertentu yang dianggap efektif dan efisien.

Perspektif yang lebih luas datang dari Darwis, yang mengartikan strategi sebagai kebijakan-kebijakan mendasar dalam pengembangan pendidikan. Strategi, dalam konteks ini, menjadi landasan bagi pengembangan pendidikan agar tujuan pendidikan dapat dicapai secara terarah, efektif, dan efisien. Di tingkat mikro, khususnya dalam proses belajar mengajar, strategi menjadi langkah-langkah tindakan yang fundamental untuk mencapai sasaran pendidikan.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran dalam konteks pendidikan Islam melibatkan perumusan tujuan, pemilihan pendekatan yang tepat dalam proses belajar mengajar, perumusan langkah-langkah, dan penetapan tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Ini mencerminkan suatu rencana dasar yang digunakan oleh pendidik untuk memandu kegiatan belajar mengajar dengan cara yang dianggap paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun