Seorang manajer perusahaan pasti sering kali dihadapkan dengan persoalan atau masalah perusahaan. Oleh karena itu, seorang manajer harus cepat dalam pengambilan keputusan. Apa aja yang haus dilakukan oleh manajer untuk memutuskan atau memecahkan suatu masalah.
Fase-fase pengambilan keputusan
- Aktivitas intilijen. Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi di dalam lingkungan.
- Seorang manajer dalam memutuskan masalah harus mencari kondisi dimana kondisi tersebut tepat untuk memutuskan masalah tersebut.
- Aktivitas perancangan. Menemukan, mengembangkan dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan tindakan.
- Di tahap ini seorang manajer merencanakan apa yang harus di lakukan.
- Aktivitas pemilihan. Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang tersedia.
- Di tahap ini seorang manajer memilih tindakan apa yang tepat dan sesuai untuk mengambil keputusan.
- Aktivitas peninjauan. Menilai pilihan-pilihan masa lalu.
- Ditahap ini di tinjau lagi, apakah tahap-tahap yang sudah ada itu benar atu tidak.
Untuk melakukan masing-masing aktivitas, pemecahan masalah harus memiliki infomasi. Sistem infomasi, yang dikembangkan oleh pengguna maupun spesialis informasi, akan memberikan informasi ini.
Jadi manajer tidaklah semena-mena dalam memutuskan atau memcahkan suatu masalah. Karena itu informasi sangatlah penting bagi seorang manajer untuk memecahkan suatu maslah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H