Tidak terasa malam ini tanggal 6 Mei 2024 sudah masuk pertemuan ke lima kita dalam mengikuti pelatihan menulis KBMN PGRI. Materi malam ini sangat kekinian dan menarik. Judul yang diangkat sangat menarik dan membuat penasaran untuk mengikutinya.Â
Narasumber hebat pada malam hari ini adalah Narasumber kita kali ini adalah ibu
Dr.MUDAFIATUN ISRIYAH, S. Pd, M. Pd., CPM. Beliau dosen dan pengajar di FIP prodi BK UNIPAR Jember.
Dan moderator yang menemani narasumber adalah ibu Nur Dwi Yanti.
Pada materi ini narasumber menyampaikan ada 10 slide yg hrs kita siapkan unt merancang membuat  buku yaitu:Â
[
1. Teori Pendidikan: Memiliki pemahaman yang kuat tentang teori-teori pendidikan membantu penulis memahami dasar-dasar bagaimana siswa belajar, bagaimana informasi diserap dan diproses oleh otak, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi proses pembelajaran.
 2. Prinsip Pembelajaran: Penulis perlu mengerti prinsip-prinsip dasar pembelajaran, termasuk pembelajaran aktif, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah. Pemahaman ini akan membantu penulis dalam merancang konten buku ajar yang mendukung pembelajaran yang efektif.
3: Riset tentang Penggunaan AI dalam Pendidikan:
4: Pemilihan Topik dan Tujuan Buku adalah langkah awal yang krusial dalam proses penulisan buku ajar.
5: Struktur dan Konten: Buatlah kerangka isi atau outline untuk buku, yang mencakup bab-bab, sub-bab, dan konten yang akan dibahas dalam setiap bagian. Pastikan untuk menyertakan contoh, studi kasus, dan aplikasi praktis dari konsep AI dalam konteks pendidikan.
6: Penggunaan Teknologi AI dalam Penulisan mengacu pada pemanfaatan berbagai alat dan teknik kecerdasan buatan untuk memfasilitasi proses penulisan.
7: Penggunaan Teknologi AI dalam Penulisan mengacu pada pemanfaatan berbagai alat dan teknik kecerdasan buatan untuk memfasilitasi proses penulisan.
8: Penggunaan Media Pendukung dalam buku ajar adalah strategi penting untuk meningkatkan pemahaman pembaca terhadap konsep-konsep kompleks, termasuk konsep AI, dan mengilustrasikan aplikasinya dalam konteks pendidikan.
9: Pengujian dan Evaluasi adalah langkah penting dalam proses penulisan buku ajar untuk memastikan kualitas dan efektivitasnya sebelum dipublikasikan.
 10: Proses Penyuntingan dan Revisi adalah tahap penting dalam pembuatan buku ajar untuk memastikan bahwa materi yang disajikan memenuhi standar kualitas yang tinggi dan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca
Dan yang terakhir slide 11: Proses Penerbitan dan Distribusi merupakan tahap terakhir dalam menghasilkan buku ajar.Â
Pada sesi tanya jawab ada peserta yang bertanya :
Jika ingin menulis buku paket, mulai dari bagian mana ya kita tanyakan di AI ini? Atau kita sudah punya kerangka bukunya terus tanya tanya ke AI begitukah Bu?
Jawaban dari narasumber yaitu 1. Mulai dari Kerangka Buku: Jika Anda sudah memiliki kerangka atau rencana untuk buku paket Anda, Anda dapat memulai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan spesifik kepada AI untuk mengisi konten atau mendapatkan wawasan tambahan tentang topik yang sudah Anda tentukan. Misalnya, Anda bisa bertanya kepada AI tentang penjelasan mendalam tentang topik-topik tertentu yang telah Anda masukkan ke dalam kerangka buku Anda, atau meminta saran tentang bagaimana menyusun konten dengan lebih efektif sesuai dengan tujuan buku Anda.
2. Eksplorasi dengan AI: Jika Ibu belum memiliki kerangka buku yang jelas atau ingin mendapatkan inspirasi tambahan tentang topik yang mungkin belum Ibu pertimbangkan, Ibu bisa mulai dengan mengeksplorasi berbagai topik dan ide dengan mengajukan pertanyaan kepada AI. Dengan berinteraksi dengan AI,  mungkin akan menemukan gagasan-gagasan baru yang bisa dijadikan dasar untuk merancang kerangka buku  atau menambahkan elemen-elemen tambahan yang menarik.
Jawaban yang sangat lengkap dari narasumber dan memang narasumber malam ini sangat luar biasa. Terimakasih untuk ibu narasumber hebat dan juga moderator pada malam hari ini.
Kesimpulan dari narasumber malam hari ini adalah: