Pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan yang diturunkan darisatu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan dapat dilakukan secara terbimbing atau secara otodidak. Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah upaya untuk memajukan pertumbuhan budi pekerti, pikiran dan tubuh anak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses perubahan tata sikap pada sekelompok orang dalam melakukan usaha untuk dewasa.
Adapun faktor-faktor pendidikan, yaitu:
- Peserta didik
- Tujuan pendidikan
- Unsur instrumental
- Lingkungan
- Raw output pendidikan
Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi dia melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.
Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang, yang diselenggarakan di sekolah dan perguruan tinggi. Contohnya adalah PIAUD, SD DAN MI, SMP DAN MTs, SMA, MA, SMK, MAK, dan perguruan tinggi.
Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara struktur dan berjenjang. Contohnya adalah kursus, pelatihan, dan bimtek.
Kemampuan peserta didik begitu beragam, meliputi kemampuan awal (yang sudah dimilikisebelum pembelajaran), karakteristik (meliputi etnik, kultural, stasus sosial, minat), faktor-faktor (faktor jasmani, psikologis, keluarga, sekolah, masyarakat), kompetensi (keterampilan berfikir kritis, kreativitas, berkomunikasi, berkolaborasi
Tujuan pendidikan di suatu Negara berbeda-beda tergantung pada dasar Negara, falsafah hidup, dan ideology Negara. Tujuan pendidikan diantaranya mengembangkan manusia yang cerdas, beriman, bertaqwa, memiliki budi pekerti luhur dan keterampilan dan pengetahuan. Juga membimbing para peserta didik sesuai denngan kemampuan alamiyahnya.
Unsur instrumental Antara lain:
- Guru
- Tenaga pendidik professional yang memilikitugas utama untuk mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, dan mengevaluasi peserta didik dalam proses belajar mengajar
- Kurikulum
- Semua kegiatan pembelajaran yang dirancang baik individu maupun kelompok, dan dilaksanakan baik di sekolah maupun luar sekolah
- Alat dan Media
- Sarana dan prasarana yang digunakan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran seperti kelas, perpustakaan dan laboratorium
- Metode
- Cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis
- Evaluasi
- Proses untuk mendapatkan data dan informasi mengenai hasil pembelajaran
Lingkungan pendidikan adalah berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi proses pendidikan, serta tempat berlangsungnya proses pendidikan itu sendiri.
- Lingkungan keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak, dimana anak belajar dari orang tua dan orang dewasa yang ada disekitarnya
- Lingkungan sekolah merupakan rumah kedua bagi anak, dimana anak mendapatkan pendidikan berbagai ilmu pengetahuan, keterampilan, budaya, dan budi pekerti
- Lingkungan sosial dan pergaulan adalah tempat berlangsungnya interaksi sosial Antara berbagai kelompok, dengan symbol, nilai, dan norma yang mapan. Lingkungan sosial merupakan bagian penting dalam kehidupan seseorang karena dapat memengaruhi cara berfikir dan sikap serta kepribadian
Output pendidikan adalah hasil dari proses pendidikan, seperti prestasi siswa, sikap dan keterampilan. Secara keseluruhan, output pendidikan mencerminkan seberapa efektif suatu system pendidikan dalam mencapai tujuan pembelajaranyang telah ditetapkan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI