Teori belajar psikologi kognitif menekankan bahwa belajar adalah proses aktif di mana siswa membangun pengetahuan dan pemahaman melalui keterlibatan mental yang kompleks, seperti mengamati dan memecahkan masalah, dengan pengetahuan baru dibangun berdasarkan pengalaman sebelumnya.
 Kurt Lewin menambahkan bahwa belajar melibatkan interaksi antara individu dan lingkungan, yang mencakup aspek psikologis seperti persepsi, emosi, dan motivasi, menunjukkan bahwa proses belajar bersifat dinamis dan saling terkait.
Jean Piaget mengidentifikasi empat tahap perkembangan kognitif: Sensorimotorik (belajar melalui pengalaman fisik), Praoperasional (berpikir simbolis), Operasional Konkret (pemikiran logis terhadap objek konkret), dan Operasional Formal (pemikiran abstrak).Â
Jerome Bruner, di sisi lain, menekankan pembelajaran melalui penemuan mandiri dan mengidentifikasi tiga tahap perkembangan: enaktif (pengalaman langsung), ikonik (representasi gambar), dan simbolik (penggunaan simbol abstrak). Bruner mendorong pembelajaran berpusat pada siswa, di mana mereka aktif membangun pengetahuan sendiri.
Teori-teori belajar kognitif menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam membangun pengetahuan, memanfaatkan pengalaman sebelumnya, dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis dan evaluasi. Guru berperan sebagai fasilitator yang menciptakan lingkungan belajar kondusif. Dengan demikian, teori ini fokus pada pengembangan pemahaman konseptual siswa, bukan sekadar hafalan.
Konstruktivisme Vygotsky menyatakan bahwa pengetahuan dibangun melalui pengalaman individu, tetapi dipengaruhi oleh interaksi sosial dan konteks budaya. Pembelajaran efektif terjadi lewat kolaborasi dan bimbingan dari orang yang lebih ahli, dengan bahasa sebagai alat penting untuk berpikir. Melalui konsep Zone of Proximal Development (ZPD), pendidik berperan sebagai mediator yang memberikan dukungan sementara hingga siswa mencapai kemandirian belajar.
Model pembelajaran konstruktivisme menurut Tytler menekankan pentingnya memberi siswa kesempatan untuk mengemukakan gagasan, merenungkan pengalaman, dan mencoba ide baru untuk meningkatkan kreativitas serta mendapatkan pengalaman yang relevan. Model ini mendorong refleksi terhadap perubahan gagasan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.Â
Proses konstruksi pengetahuan terjadi melalui interaksi aktif dengan lingkungan, dipengaruhi oleh konteks sosial, budaya, pengalaman pribadi, bahasa, serta motivasi dan emosi, di mana lingkungan yang mendukung sangat penting untuk efektivitas belajar.
Dalam konteks kognitif, kemampuan berpikir dan memahami informasi adalah proses mental yang krusial untuk pembelajaran, melibatkan fungsi otak seperti persepsi dan pemecahan masalah
. Jean Piaget menjelaskan perkembangan kognitif dalam empat tahap: sensorimotorik (0-2 tahun) di mana anak belajar melalui indra; praoperasional (2-7 tahun) dengan simbol tetapi kesulitan memahami perspektif orang lain; operasional konkret (7-11 tahun) dengan kemampuan berpikir logis; dan operasional formal (11 tahun ke atas) di mana anak mencapai kemampuan berpikir abstrak dan hipotetis.
Teori belajar kognitif memandang pembelajaran sebagai proses aktif di mana siswa membangun pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi sosial. Lewin melihatnya sebagai perubahan psikologis; Piaget membaginya dalam empat tahap; Bruner menekankan penemuan mandiri; dan Vygotsky menyoroti peran interaksi sosial dan ZPD. Model konstruktivisme mendorong siswa berpikir mandiri dalam lingkungan belajar yang mendukung.