Mohon tunggu...
Naila ZahrunNahdiyah
Naila ZahrunNahdiyah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswi

seorang mahasiswi semester 5 yang hobi menulis dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Ada Cerita di Kebun Binatang

31 Desember 2022   05:24 Diperbarui: 31 Desember 2022   05:36 342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sang surya pagi ini dan nyaringnya alaram dihp ku telah menyambutku untuk segera bangun tidurku. Jam menunjukkan pukul lima lewat lima belas menit. Kucek lagi hp ku, perasaan malas tiba -- tiba menghampiriku, mungkin ini efek kemarin malam yang habis begadang mengerjakan tugas UAS. Satu notifikasi muncul di beranda hp ku. Aku menghela nafas pelan "Ah, bagaimana aku bisa lupa kalau hari ini ada kuliah lapangan mengunjungi kebun binatang" gumamku dalam hati. Dengan kondisi mata yang masih mengantuk dan mulut yang masih menguap, dengan berat hati aku beranjak dari kasurku lalu bergegas membersihkan sprei berwarna biru muda. Berjalan menuju kamar mandi, lalu berwudhu. Tak lupa aku juga aku menunaikan kewajibanku sebagai seorang muslimah. Seusai salat pun, aku bergegas kembali menuju kamar dan membaringkan tubuhku sambil bermain sosial mediaku. Tak lupa sebelum aku tertidur untuk memasang alarm lagi agar tidak kesiangan. sayup -- sayup mataku mengantuk, dan tak bisa kutahan lagai  tak lama kemudian aku tertidur lagi.

Jam menunjukkan pukul delapan lebih lima belas menit, aku kembali terganggu mendengar kencangnya suara alarm di hpku. Dengan mata yang masih sayup -- sayup, kulihat hpku yang ternyata sudah ada notifikasi dari temanku

"Nai, nanti kita kumpul di kampus satu dulu yaa sebelum berangkat ke kebun binatang, biar bisa berangkat bareng -- bareng"

"Okey, ayokk" balasku

Begitulah kira -- kira pesan singkatku dengan temanku. Setelah membalas singkat pesan tersebut aku lanjut scroll -- scroll media sosial favoritku "instgram". Aku agak tersentak saat melihat angka jam di hpku yang sudah menunjukkan pukul sembilan, salah satu kebiasaan burukku ketika sudah melihat "instagram" suka lupa waktu. Aku beranjak tidur, dengan mata yang sudah tak lagi mengantuk, namun masih ada sedikit rasa malas. Sebelum berangkat ke kebun binatang dan meninggalkan rumah, aku mengambil sapu dan membersihkan rumah. Setelah selesai bersih -- bersih rumah, tak lupa menyiapkan barang -- barang yang aku butuhkan saat berkunjung nanti. Saat sudah beres, akupun segera sarapan bubur dengan ditemani oleh playlist lagu favoritku di spotify.

Aku lihat jam yang sudah menunjukkan pukul 9. 30, beranjak untuk mandi dan bersiap -- siap ke kampus satu. Seusai mandi dan siap -- siap, pukul 9. 45 aku segera berangkat menuju kampus yang memerlukan waktu sekitar 20 menit. Suasana pagi itu sangat mendung dan dingin, angin berhembusan, jalanan juga sangat padat. Saat aku memasuki kawasan kampus, aku sudah disambut dengan temanku yang baru sampai juga di kampus. Sambil menunggu teman -- teman yang lain, aku sibuk memainkan ponselku tepat di parkiran masjid kampusku, sedangkan temanku yang pergi membeli es di belakang area kampus, sungguh sangat membosankan. Lima belas menit  berlalu aku menunggu, akhirnya terkumpul sudah. Aku dan teman -- temanku berangkat ditemani langit yang masih saja mendung dan sangat sejuk. Kota surabaya sangat menenangkan dan damai sekali jika suasana sudah seperti begini. Lama perjalanan dari kampus ke kebun binatang sekitar 10 menit. Saat sudah memasuki kawasan kebun binatang, aku dan teman -- temanku sudah disambut dengan patung ikan sura dan buaya sebagai ikon dari kota surabaya yang terlihat sangat megah. Area parkir kebun binatang pun juga sudah mulai penuh.

Aku dan teman -- temanku berkumpul kembali di area loket pembayaran karcis yang terlihat sudah sangat antri. Sesudah melakukan pembayaran, aku dan teman -- temanku mulai memasuki kebun binatang surabaya. Rasanya sudah lama aku tak mengunjungi tempat ini, bahkan mungkin jika diingat -- ingat terakhir kali ke sini dengan keluargaku saar aku masih duduk di bangku SD, dan kebun binatang ini tidak banyak mengalami perubahan sejak aku terakhir kali kesini, masih tetap sejuk dan sangat ramai pengunjung. Aku sangat bahagia bisa kembali ke tempat ini lagi.

Ketika aku masuk dari pintu utama benar sekali dugaanku, kebun binatang ini sudah sangat ramai pengunjung. Dimulai dari rombongan anak -- anak sekolah, dan juga rombongan keluarga. Kedatanganku dan teman -- teman disambut dengan pohon -- pohon yang amat rindang dan kebersihan yang terus dijaga oleh pengelola kebun binatang menambah kesan asri dari kebun binatang surabaya tersebut. Disambut juga oleh dua ekor jerapah si berleher panjang yang sedang asyik makan dengan sangat lahap, jerapah -- jerapah tersebut rupanya nampak sehat sekali. Sesekali kedua jerapah tersebut berjalan -- jalan memutari kandang dengan beriringan.

Tepat di samping kandang jerapah, aku melihat ada  puluhan monyet jepang yang sedang bergelantungan. Monyet -- monyet itu sangat aktif sekali bukan. Saat sedang asyik memotret kawanan monyet, aku menjadi salah fokus saat melihat ada dua ekor monyet yang lebih memilih duduk berduaan  di samping kandang daripada berkumpul dengan kawan -- kawannya yang lain yang berada di tengah kandang. Sungguh sangat romantis. Setelah dirasa puas melihat monyet jepang, aku beralih ke kandang hewan belakangnya. Dibelakang kandang monyet, aku melihat beberapa hewan komodo, hewan yang sangat dilindungi karena kepunahannya. Terlihat komodo -- komodo tersebut masih sangat kecil -- kecil, namun juga gemuk -- gemuk.

Tak jauh dari kandang komodo, aku melihat kandang hewan aku lupa namanya yang aku ingat dia sejenis dengan kura -- kura berwarna hitam yang rupanya sedang mengumpat di balik dahan buatan. Tak jauh dari kandang hewan itu, aku juga melihat kawanan rusa yang masih sangat kecil -- kecil dan juga sangat menggemaskan. Melihat matanya juga yang sangat lucu dan menggemaskan. Aku dan teman -- teman berlanjut ke area tengah kebun binatang. Di sana aku dan teman -- teman menemukan spot yang sangat bagus untuk foto -- foto. Seperti kebiasaan perempuan -- peremuan yang lainnya saat sedang berkumpul -- kumpul, aku dan teman -- teman mengabadikan momen ini, karena momen seperti ini sangat jarang sekali kuliah lapangan di kebun binatang surabaya.

Namun rupanya teman -- temanku yang lain masih belum kumpul semua, masih banyak yang berpencar -- pencar. Sehingga aku dan teman -- temanku berniat menunggu mereka kembali di depan kandang monyet jepang. Saat sudah berkumpul semua, tiba -- tiba saja gerimis mulai turun, namun tak mengurangi semangatku untuk menjelajahi kebun binatang ini. Aku dan teman -- teman mulai melanjutkan perjalanannya untuk menjelajahi kebun binatang tersebut, saat di tengah perjalanan hujan turun sangat deras sekali, aku dan teman -- teman segera mencari tempat untuk berteduh sebelum basah semua. Sambil menunggu hujan kembali reda, aku dan teman -- temanku membuat konten video agar tidak bosan, sembari menghirup sejuknya aroma hujan di tempat yang penuh pohon. Sungguh sangat menyenangkan. Hujan berlangsung cukup lama, sekitar setengah jam lamanya. Seusai hujan reda aku dan teman -- temanku kembali melanjutkan perjalanan menelusuri fauna yang ada dalam kebun binatang surabaya ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun