Mohon tunggu...
Naila DiaraFasya
Naila DiaraFasya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Diponegoro

Mahasiswi Universitas Diponegoro Prodi Informasi dan Hubungan Masyarakat, tertarik pada bidang Jurnalistik, pers dan broadcasting

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berdayakan Para Pelaku UMKM!! Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Sosialisasi Mengenai Pentingnya Digitalisasi Marketing Sekaligus Pembuatan E-Katalog

12 Agustus 2022   23:17 Diperbarui: 13 Agustus 2022   11:40 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Genuk, Kota Semarang (11/08/2022) Pandemi Covid-19 telah berlangsung kurang lebih dua tahun. Pandemi bukan hanya menyerang kesehatan masyarakat, namun juga menyerang perekonomian bangsa. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian menjadi pihak yang paling terdampak. Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau sering disingkat menjadi UMKM merupakan sebuah aktivitas usaha yang dilakukan oleh seseorang atau badan usaha yang masih memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Serangkaian Program Sosialisasi Digitalisasi Marketing dan Pembuatan E-Katalog telah berhasil diselenggarakan dengan lancar bertempat di Aula Kelurahan Gebangsari pada hari Kamis, 4 Agustus 2022. Sosialisasi ini merupakan salah satu program Monodisiplin dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022. Kegiatan Sosialisasi Digitalisasi Marketing dan Pembuatan E-Katalog ini Public Speaking dan Edukasi etika dalam berkomunikasi ini diikuti kurang lebih 20 peserta pelaku UMKM di Kelurahan Gebangsari. 

Tujuan dari UMKM tidak berbeda dari jenis usaha lainnya, yakni untuk menghasilkan produk yang dapat dipasarkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan usahanya. Dalam mengembangkan usaha dan memasarkan produk secara luas Diperlukan sosialisasi dan edukasi kepada para pelaku UMKM mengenai Market Research dan Digitalisasi Marketing, sehingga para pelaku UMKM tetap dapat memperluas mangsa pasar mereka karena pemasaran produk dilakukan melalui platform online/digital.

dokpri
dokpri

Serangkaian Kegiatan Sosialisasi ini mengambil beberapa materi yakni penjelasan mengenai Digital Marketing, Riset Pasar sampai Persaingan Usaha Sehat. Kegiatan Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM  bagaimana cara menjual produk dagangan di sosial media, juga dilakukan praktik pemasaran produk melalui platform jual beli online seperti Shopee. Selain itu juga dijelaskan bagaimana cara memilih grup/komunitas yang sesuai dengan apa yang dijual seperti Facebook Market Place atau Instagram Ads, hingga penjelasan cara membuat postingan yang dapat menarik konsumen.

Harapan dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM di Kelurahan Gebangsari mengenai Digitalisai Marketing dan Research Market serta dapat memperluas pemahaman para pelaku UMKM mengenai pemanfaatan Sosial Media dan E-katalog sebagai media pemasaran online yang lebih efisien dan affordable.

Penulis : Naila Diara Fasya
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Bagus Rahmanda, S.H., M.H.
Lokasi : Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun