Mohon tunggu...
Naila AdienKumala
Naila AdienKumala Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN BTV III: Mahasiswa UNEJ Lakukan Optimalisasi Penjualan Camilan Melalui Pemasaran dengan Media Sosial

12 September 2021   12:04 Diperbarui: 12 September 2021   12:08 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menanggapi terkait meningkatnya wabah covid-19, Universitas Jember memberikan alternatif program pengabdian Kuliah Kerja Nyata menjadi KKN Back To Village atau KKN Pulang Kampung yang mana mahasiswa melaksanakan program KKN di kampung halaman masing-masing. Program KKN sendiri resmi diterjunkan pada Kamis, 12 Agustus 2021. Namun KKN sudah mulai dilaksanakan satu hari sebelumnya yaitu tertanggal Rabu, 11 Agustus 2021.

Pandemi covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan namun juga berdampak pada menurunnya perekonomian masyarakat pelaku usaha terutama usaha mikro atau UMKM. Dampak ini juga dirasakan oleh ibu Kholida sebagai seorang pelaku usaha mikro yang berlokasi di Desa Karangsari Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi yang mengalami penurunan pendapatan hingga 45% dari pendapatannya sebelum adanya wabah covid-19.

Sebagai bentuk alternatif lain dalam hal pemasaran produk terutama di era pandemik yaitu pemasaran dengan menggunakan media digital. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman terhadap digital marketing dan juga pentingnya product branding menjadi salah satu masalah yang juga dialami oleh ibu Kholida selaku pelaku usaha mikro.

Melihat akan permasalahan tersebut tentu saja solusi alternatif sangat dibutuhkan untuk membantu berjalannya proses usaha. Melalui kegiatan KKN BTV III yang dilakukan selama 30 hari, maka program yang akan lakukan yaitu optimalisasi UMKM dan pendampingan pemasaran melalui media digital.

Kegiatan dimulai dengan melakukan analisis terhadap masalah yang ada bersama ibu Kholida selaku mitra kerja dan juga pelaku usaha mikro. Pada minggu kedua dilakukan percabaan pembuatan produk. Hal ini dilakukan untuk menanggapi permintaan mitra perihal produk baru yang diharapkan dapat menjadi produk andalan nantinya. Pada minggu ketiga banyak dilakukan pendampingan dan pelatihan mengenai desai grafis, product branding, serta  social media marketing yang kemudian dilanjutkan pengenalan dan promosi produk di minggu selanjutnya.

Selama 4 minggu kegiatan KKN BTV III yang dilakukan bersama mitra telah terdapat pengembangan berupa produk baru yang dapta dipasarkan secara luas. "Ternyata bisa ya mba kita buat prosuk baru. Terimaksih mba Naila sudah dibantu dan didampingi sampai sejauh ini. Terimakasih juga Universitas Jember." Ungkap ibu Kholida di hari terakhir KKN BTV III

 

Sampel produk/Dokpri
Sampel produk/Dokpri
Sampel produk/Dokpri
Sampel produk/Dokpri

Naila Adien Kumala/Karangsari/L. Dyah Purwita WSWW, S.S,. M.A.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun