Mohon tunggu...
nagitanavalia p
nagitanavalia p Mohon Tunggu... Penulis - seorang penulis

saya seorang penulis di Rumah Mesin yang tertarik belajar hal baru, hobi saya dance dan tari tradisional

Selanjutnya

Tutup

Financial

Target Pasar dan Promosi Bisnis Kompos

9 September 2024   20:05 Diperbarui: 9 September 2024   20:08 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pemasaran ada lah suatu proses manajerial yang dapat membuat individu ataupun kelompok untuk mendapatkan apa diinginkan serta dibutuhkan dengan cara menciptakan dan menawarkan serta mempertukarkan produk yang memiliki nilai terhadap pihak lain. Pemasaran juga dapat diartikan sebagai segala kegiatan yang berhubungan dengan penyampaian produk atau jasa yang dimulai dari produsen sampai kepada konsumen. Untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas pemasaran maka dibutuhkan suatu strategi dalam melakukan pemasaran yang biasa disebut dengan strategi pemasaran. Strategi dalam pemasaran adalah salah satu cara dalam memenangkan persaingan yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa. Selain itu, strategi pemasaran juga dapat dimaksudkan sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan secara menyeluruh dalam menjalankan usaha.Diketahui bahwa limbah peternakan dan pertanian, bila tidak dimanfaatkan akan menimbulkan dampak bagi lingkungan berupa pencemaran udara, air dan tanah, menjadi sumber penyakit, dapat memacu peningkatan gas metan dan juga gangguan pada estetika dan kenyamanan. Limbah ternak sebagai hasil akhir dari usaha peternakan memiliki potensi untuk dikelola menjadi pupuk organik seperti kompos yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya dukung lingkungan, meningkatkan produksi tanaman, meningkatkan pendapatan petani dan mengurangi dampak pencemaran terhadap lingkungan.

Kompos merupakan salah satu jenis pupuk organik padat yang bahan bakunya bersumber dari sisa atau limbah baik limbah tanaman tanaman maupun limbah dari hewan termak yang telah mengalami proses dekomposisi atau fermentasi. Proses pembuatan pupuk kompos atau biasa disebut dengan komposting dapat dilakukan diruang terbuka (aerobik) maupun secara tertutup (anaerobik). Pengomposan ini diharapkan akan menurunkan C/N bahan organik hingga kondisinya sama dengan C/N tanah. Kelebihan pupuk kompos ini adalah ramah lingkungan, dapat menambah pendapatan peternak dan dapat meningkatkan kesuburan tanah dengan memperbaiki kerusakan fisik tanah akibat pemakaian pupuk anorganik (kimia) secara berlebihan.

Mengetahui siapa target pasar merupakan langkah pertama dalam menyusun strategi promosi. Anda perlu memahami karakteristik, kebutuhan, dan preferensi dari segmen pasar yang ingin dijangkau.

Sebagai contoh, apakah Anda menargetkan petani kecil dengan lahan terbatas, petani besar dengan skala produksi yang besar, atau pemilik kebun hobi yang tertarik pada pertanian organik? Dengan memahami target pasar, Anda dapat mengarahkan upaya promosi dengan lebih efektif, menyampaikan pesan yang relevan dan menarik bagi mereka.

Strategi Promosi Pupuk

1. Optimasi SEO

Optimalkan situs web atau platform online Anda agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui mesin pencari. Gunakan kata kunci yang relevan, seperti "pupuk organik terbaik" atau "pupuk untuk tanaman buah," untuk meningkatkan visibilitas online, menarik lebih banyak pengunjung, dan meningkatkan peluang konversi menjadi pelanggan.

2. Menawarkan Promo dan Diskon

Diskon dan promosi adalah strategi yang efektif untuk menarik minat pembeli dan mendorong pembelian berulang. Dengan menawarkan diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu atau memberikan hadiah gratis dengan pembelian produk tertentu, Anda dapat menciptakan insentif kuat bagi pelanggan untuk memilih produk Anda dibandingkan produk pesaing.

3. Mengadakan Demo atau Uji Coba Produk

Mengadakan demo atau uji coba produk dapat memberikan pengalaman langsung kepada petani mengenai manfaat dan keunggulan produk. Cara ini dapat meningkatkan pemahaman dan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun