Mohon tunggu...
M.Choirun Nafik
M.Choirun Nafik Mohon Tunggu... Konsultan - Mahasiwa Tanpa Dosa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Aku bukanlah orang hebat, Tapi ku mau belajar dari orang-orang yang HEBAT. Aku adalah orang biasa, Tapi aku ingin menjadi orang yang LUAR BIASA., Dan aku bukanlah orang yang istimewa, Tapi aku ingin membuat seseorang menjadi ISTIMEWA.,.,

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Yuk! Ketahui Perkembangan Layanan Perbankan di Era Serba Digital

29 Juli 2022   08:28 Diperbarui: 29 Juli 2022   08:35 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di era digital ini , sudah tahukah Anda dengan layanan perbankan digital yang semakin banyak ditawarkan oleh industri perbankan Indonesia ? Jika Sobat tidak jelas tentang hal ini , tampaknya layanan perbankan digital secara fundamental tidak berbeda dengan layanan perbankan tradisional .Perbedaannya hanya pada fitur layanan perbankan yang dapat dilakukan secara pribadi oleh nasabah menggunakan aplikasi smartphone banking daripada harus mengunjungi kantor cabang .

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 12 /POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum , " pengertian digital banking " atau " perbankan digital " adalah jenis layanan perbankan elektronik yang dikembangkan dengan mengoptimalkan penggunaan data pelanggan secara berurutan untuk melayani pelanggan dengan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih sesuai dengan kebutuhan mereka . 

Dengan kata lain , layanan perbankan digital memungkinkan di sikapi sebagai nasabah utama bank untuk menerima informasi, berkomunikasi dengan nasabah , mendaftarkan rekening, melakukan transaksi perbankan , dan memelihara rekening , serta menerima informasi dan melakukan transaksi di luar rekening bank .bisnis inti . Contoh kegiatan tersebut termasuk menerima nasihat keuangan , berinvestasi, bertransaksi dalam perdagangan elektronik , dan menerima kebutuhan lain dari pelanggan.Layanan tersebut di atas dapat diakses kapanpun dan dimanapun Anda bisa pilih  dengan menggunakan smartphone yang telah dimodifikasi dengan menyertakan sistem aplikasi perbankan yang terkoneksi dengan internet . 

Lalu, bagaimana  dapat menggunakan layanan tersebut ?Berikut beberapa contoh layanan digital banking yang ditawarkan bank untuk meningkatkan kepuasan nasabah sehingga nasabah dapat menggunakan self - service banking melalui smartphone tanpa harus mengunjungi cabang bank : 

Phone Banking

Phone Banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah untuk menerima informasi keuangan dan melakukan transaksi perbankan dengan menghubungi nomor telepon bank yang bersangkutan .Layanan phone banking ini merupakan kemajuan terdepan dalam teknologi call center .Biasanya, layanan phone banking tersedia sepanjang waktu sehingga pelanggan dapat menggunakannya kapan pun mereka mau .Fitur phone banking lainnya antara lain informasi bank seperti suku bunga , kurs, informasi produk , lokasi ATM , dan lokasi cabang , serta transaksi bank seperti informasi saldo , pembayaran listrik , telepon bayar, kartu kredit , pemindahbukuan , dan transfer bank sebagai serta PIN perubahan dan data nasabah .

SMS Banking

Layanan perbankan yang dikenal dengan SMS Banking ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi melalui telepon genggam dengan menggunakan format Short Message Service ( SMS ). Nasabah dapat mengirimkan pesan SMS dengan memformatnya sesuai dengan format yang telah ditentukan untuk nomor rekening bank tempat transaksi akan diselesaikan . Format SMS yang digunakan berbeda tergantung pada format yang telah ditetapkan oleh masing - masing bank , misalnya : untuk menyelesaikan transfer , pengguna dapat mengetik : Transfer.Rek Sumber, Rek Tujuan, Nominal , Password , dll.Layanan transaksi, seperti transfer , pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, internet), pembelian (pulsa, tiket), dan layanan transaksi lainnya . Fitur SMS Banking adalah layanan informasi (saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit.

Mobile Banking

Yang dimaksud dengan "Mobile Banking" adalah layanan yang disediakan oleh bank yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan menggunakan berbagai fitur dan menu yang tersedia pada aplikasi bank yang diunduh dan diinstal pada smartphone .Dibandingkan dengan SMS banking , mobile banking menawarkan kemudahan yang lebih besar karena pengguna tidak perlu memahami struktur pesan SMS atau tujuan dari nomor SMS . _Layanan transaksi, seperti transfer , pembayaran tagihan (listrik, air, pajak, kartu kredit, asuransi, internet), pembelian (pulsa, tiket), dan layanan transaksi lainnya . fitur-fitur layanan mobile banking adalah layanan informasi (saldo, mutasi rekening, dll)

Internet Banking

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun