Mohon tunggu...
Raden Roro Nadya Oktaviany P
Raden Roro Nadya Oktaviany P Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

happy reading!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Fungsi Social Media dalam Public Relations

14 Mei 2023   03:05 Diperbarui: 14 Mei 2023   03:13 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Social media  adalah sebuah platform media yang memudahkan penggunanya untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan informasi melalui blog, jejaring sosial, website, maupun dunia virtual. Social media juga menjadi fasilitator online yang dapat menguatkan hubungan antar pengguna sekaligus sebuah ikatan sosial. Social media diawali dari tiga hal seperti Sharing, Collaborating dan Connecting.

Saat ini teknologi sudah semakin canggih, segala informasi bisa didapatkan melalui internet khususnya pada social media. Pesatnya perkembangan social media saat ini dikarenakan semua orang sudah bisa mengakses atau bahkan membuat akun social media-nya sendiri, selain itu social media juga bisa diakses menggunakan internet di mana-pun dan kapan-pun dengan praktis dan efisien.

Dengan adanya social media membuat seluruh informasi tersebar secara luas baik dalam maupun luar negeri. Penggunaan social media dapat menimbulkan dampak positif terutama dalam interaksi baik secara sosial, politik, maupun ekonomi. Selain itu dalam penggunaan social media juga dapat memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, baik dengan teman, maupun keluarga yang tidak memungkinkan untuk dilakukan melalui face to face dikarenakan adanya faktor jarak. Ciri utama dalam social media adalah pesan-pesan yang disampaikan melalui social media bukan hanya untuk satu orang, melainkan untuk banyak orang.

Menurut IPR (Institute Public Relation), Public Relation adalah praktek humas yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan atau terus-menerus dalam rangka menciptakan dan mempertahankan niat baik (goodwill), serta sikap-sikap yang saling pengertian yang bersifat timbal balik (Mutual Understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dengan segenap khalayak. (1996:8, Frank Jefkins)

Fungsi social media bagi seorang Public Relations (PR) adalah untuk mengumpulkan sekaligus menyebarkan informasi kepada pemangku kepentingan maupun khalayak public, jika dahulu seorang PR hanya mengandalkan koran, televisi, dan radio saja, namun sekarang melalui social media seperti Website, Instagram, Twitter, Whatsapp, Line, Tiktok, Facebook, Browser juga bisa digunakan sebagai wadah untuk menyebarkan informasi. Selain itu ada beberapa fungsi social media bagi seorang Public Relations diantaranya :

  • Percepatan Dalam Penyebaran Informasi

Social media memungkinkan PR untuk secara cepat dan mudah menyebarkan informasi kepada khalayak. Berita atau pengumuman yang dikeluarkan dapat langsung dibagikan kepada pengikut atau pelanggan, dengan memanfaatkan fitur seperti posting dan live streaming.

  • Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan

Social media memungkinkan PR untuk berinteraksi dengan khalayak secara langsung dan meningkatkan keterlibatan mereka dengan perusahaan atau organisasi. Hal ini dapat dilakukan melalui beberapa fitur seperti komentar, Direct Message (DM), dan polling.

  • Membantu Memonitoring Reputasi

Social media juga dapat memungkinkan PR untuk memantau dan mengelola reputasi perusahaan atau organisasi. Dengan melalui pemantauan media sosial secara teratur, PR dapat menanggapi kritik atau masalah yang muncul dengan cepat, dan memperbaiki persepsi negative yang mungkin berkembang di kalangan pengikut atau pelanggan.

  • Menjadi Platform Bagi Kampanye PR

Social media dapat menjadi platform utama bagi kampanye PR. Dengan memanfaatkan fitur seperti iklan berbayar, promosi, dan influencer marketing, PR dapat memperluas jangkauan perusahaan atau organisasi, dan meningkatkan kesadaran di kalangan target khalayak.

  • Mengukur Efektivitas PR

Social media juga memberikan metrik dan data yang dapat membantu PR mengukur keberhasilan kampanye mereka. Misalnya, jumlah like, komentar dan berbagi dapat memberikan informasi tentang keterlibatan pengikut atau pelanggan, sedangkan analitik sosial media dapat memberikan wawasan tentang persepsi khalayak terhadap perusahaan atau organisasi.

Jadi hubungan antara social media dan Public Relations erat kaitannya, dikarenakan seorang PR yang membutuhkan social media sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi dan informasi sekaligus umpan balik yang berikan oleh khalayak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun