Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan.Â
Sementara itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya antara lain akan dipengaruhi oleh pemahamannya dalam pendidikan perkembangan peserta didik.Â
Pendidik perlu memahami perkembangan individu peserta didiknya baik itu prinsip perkembangannya maupun arah perkembangannya sehingga, psikologi dibutuhkan di berbagai ilmu pengetahuan untuk mengerti dan memahami kejiwaan seseorang.
Berdasarkan keterkaitan antara pendidikan dan kejiwaan, landasan psikologis pendidikan diartikan sebagai suatu landasan dalam proses pendidikan yang membahas berbagai informasi tentang kehidupan manusia pada umumnya serta gejala-gejala yang berkaitan dengan aspek pribadi manusia pada setiap tahapan usia perkembangan tertentu untuk mengenali dan menyikapi manusia sesuai dengan tahapan usia perkembangannya yang bertujuan untuk memudahkan proses pendidikan.
Proses pendidikan berlangsung antara pendidik dan peserta didik dalam bentuk pergaulan, baik secara individual maupun secara kolektif. Hal tersebut mempunyai maksud yang disengaja untuk mempengaruhi peserta didik, sehingga peserta didik tersebut berkembang menuju kedewasaan. Keadaan anak yang tadinya belum dewasa hingga menjadi dewasa berarti mengalami perubahan,karena dibimbing, dan kegiatan bimbingan merupakan usaha atau kegiatan berinteraksi antara pendidik, anak didik dan lingkungan. Perubahan tersebut merupakan gejala yang timbul secara psikologis.Â
Di dalam hubungan inilah kiranya pendidik harus mampu memahami perubahan yang terjadi pada diri individu, baik perkembangan maupun pertumbuhannya. Atas dasar itu pula pendidik perlu memahami landasan pendidikan dari sudut psikologis.Â
Selain itu, pendidik juga dituntut untuk berbuat sesuai dengan azas kepatutan, artinya setiap perbuatan mendidik akan mengandung konsekuensi logis baik dari sudut logika, praktika, etika, dan estetika.Â
Oleh karena itu, guru selalu dipandang sebagai orang yang patut digugu dan ditiru. Manakala guru berlaku tidak sesuai dengan harapan masyarakat, maka akan dianggap sebagai guru yang tidak patut, tidak layak jadi panutan, dan sebagainya.
Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan dapat disimpulkan bahwa landasan psikologi pendidikan merupakan salah satu landasan yang penting dalam pelaksanaan pendidikan, karena keberhasilan pendidik dalam menjalankan tugasnya sangat dipengaruhi oleh pemahamannya tentang peserta didik. Pendidik harus mengetahui apa yang harus dilakukan kepada peserta didik dalam setiap tahap perkembangan yang berbeda mulai dari bayi hingga dewasa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H