Mohon tunggu...
Nadya Putri
Nadya Putri Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Nadz si random people yang selalu ingin belajar hal baru dan memperbaiki diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Cinta di Masa Kolera oleh Gabriel Garcia Marquez: Cerita yang Melampaui Ruang dan Waktu

26 September 2024   20:31 Diperbarui: 26 September 2024   20:40 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di jantung sastra Kolombia, muncul sebuah cerita yang melampaui ruang dan waktu: "Cinta di Masa Kolera", mahakarya Gabriel García Márquez. Novel ini, sebuah permadani yang ditenun dengan benang realisme magis, membenamkan kita dalam kisah cinta yang gigih, cinta yang menentang kesulitan hidup dan batasan sosial.

Kisah ini terungkap dalam suasana tropis dan dinamis, yang mencerminkan kegembiraan dan kompleksitas pantai Karibia Kolombia. Dengan latar belakang ini, Florentino Ariza dan Fermina Daza membintangi sebuah epik romantis yang dimulai sejak masa muda mereka dan berlanjut sepanjang hidup mereka. Florentino yang muda dan penuh gairah terpikat pada pandangan pertama oleh Fermina, memulai cinta yang akan menjadi kekuatan pendorong keberadaannya.

Melalui halaman-halamannya, García Márquez mengeksplorasi berbagai aspek cinta. Dari yang menawan dan awet muda hingga yang dewasa dan reflektif, penulis menunjukkan kepada kita bagaimana cinta dapat berkembang dan bertahan dalam keadaan apa pun. Hubungan Florentino dan Fermina yang ditandai dengan perpisahan dan reuni menjadi simbol cinta abadi yang bertahan seiring berjalannya waktu, epidemi, dan perubahan sosial.

Narasi García Márquez dipenuhi dengan lirik yang menangkap esensi jiwa manusia. "Cinta di Masa Kolera" bukan hanya kisah cinta, tapi juga potret detail masyarakat dalam masa transisi. Tokoh sekunder dan peristiwa sejarah yang terjalin dengan alur utama menambah kedalaman dan realisme novel, menjadikannya sebuah karya yang kaya akan nuansa dan makna.

Salah satu aspek novel yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk memadukan hal-hal biasa dengan hal-hal luar biasa, yang merupakan ciri khas realisme magis. García Márquez membuat keajaiban tampak nyata dan nyata, ajaib. Teknik ini tidak hanya memperkaya narasi, tapi juga menonjolkan keindahan dan kompleksitas kehidupan sehari-hari.

"Cinta di Masa Kolera" pada akhirnya merupakan bukti kekuatan cinta yang tak tergoyahkan. Cinta yang tidak mengenal hambatan, baik waktu maupun ruang, dan menjadi pancaran harapan dan ketekunan. García Márquez, dengan prosanya yang menggugah dan pemahaman mendalam tentang emosi manusia, memberi kita sebuah karya tak terlupakan yang terus memikat pembaca di seluruh dunia, menunjukkan bahwa cinta, dalam segala bentuknya, adalah salah satu kekuatan paling kuat dan memperkaya pengalaman manusia .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun