Sukabumi yang merupakan bagian wilayah kecil di Pulau Jawa khususnya Jawa Barat yang merupakan sebuah tempat dengan banyak sekali "Hidden Gems" untuk para wisatawan. Sukabumi tidak hanya membanggakan keindahan alam yang memukau dan memesona tetapi juga keanekaragaman kuliner yang tak tertandingi. UMKM kuliner di Sukabumi menjadi pelopor yang merancang citra kuliner lokal, menawarkan beragam hidangan yang tak hanya lezat tetapi juga menggugah selera.
Mengenai kuliner, Sukabumi mempunyai banyak sekali warisan kuliner yang sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan ada yang berdiri sejak 1943. Warisan kuliner yang terkenal seperti Mochi Kaswari Lampion, Roti Priangan Oey Tjiang Lee, Bubur Ayam Bunut, Mamih Ungu dan sebagainya. Warisan Kuliner ini seringkali menjadi tujuan utama yang darahkan dan direkomendasikan kepada para wisatawan sebagai buah tangan ataupun sekedar mencoba.
Warisan kuliner Sukabumi yang beragam menjadikan Sukabumi memiliki kekayaan kuliner yang otentik dan sangat unik yang tidak akan ditemukan di lain tempat. Selain kuliner diatas Sukabumi juga mempersembahkan berbagai kuliner rekomendasi lainnya dari berbagai UMKM yang tentunya tidak kalah terkenal seperti surabi Sukabumi, Bubur Ayam Pengkolan dan sekoteng singapore.
Saat ini Sukabumi mempunyai tiga nama brand yang sudah ditetapkan resmi oleh pemeritahan sebagai Top Brand Sukabumi yaitu, Hotel Anugerah, Batik Kenarie dan Mochi Kaswari Lampion. Oleh karena itu Mochi Kaswari banyak menjadi pilihan para wisatawan karena bukan hanya masuk sebagai Top Brand, tetapi juga dari kualitas dari Mochi Kaswari Lampionnya sendiri yang sudah tidak diragukan lagi akan kelezatan dan kenikmatannya. Adapun mochi dari Sukabumi yang tidak kalah enak dan lezat yaitu Mochi 39 Sukabumi dan Mochi A. Yani.
UMKM warisan kuliner Sukabumi baik yang didukung maupun tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah, di zaman digitalisasi ini harus bisa untuk aktif dan lebih serius dalam meningkatkan literasi digital. Salah satu langkah yang perlu ditekankan adalah promosi melalui media sosial. Dengan memanfaatkan kekuatan platform digital, UMKM dapat mencapai pangsa pasar yang lebih luas dan memperkuat kehadiran mereka di mata konsumen. Dengan begitu kuliner di  Sukabumi akan semakin beragam dan dapat menambah nilai dan minat wisatawan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H