Mohon tunggu...
Nadiyah Adilah
Nadiyah Adilah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Harus tetap happy kiyowo:D

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Urgensi Psikologi Komunikasi Dakwah di Era Globalisasi

16 Januari 2022   16:00 Diperbarui: 16 Januari 2022   16:10 589
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum kita masuk kedalam pokok permasalahannya mengenai Urgensi Psikologi Komunukasi Komunikasi Dakwah di Era Globalisasi ini. kita akan membahas apa itu psikologi itu sendiri.

Psikologi berasal dari bahasa Yunani Psyxche yang artinya jiwa, dan Logos artinya ilmu pengetahuan. Jadi Psikologi ialah ilmu yang mempelajari tentang jiwa yang mencakup gejala maupun prosesnya.

Sedangkan komunikasi ialah sesuatu yang penting untuk kehidupan manusia. Komunikasi juga merupakan salah satu hubungan antar manusia ketika manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. 

Ada juga komunikasi secara istilah bahasa inggris 'Communications' atau dari bahasa latin 'Communicatio' yang berarti "sama". Komunikasi yang efektif adalah komunikasi antara orang yang menyampaikan pesan dengan orang yang merima pesan. Dan komunikator berusaha "kebersamaan" engan komunikan.

Di Era dan dimasa yang sudah semakin canggih sudah banyak lahir alat bantu komunikasi sehingga manusia sudah tidak perlu bersusah [ayah untuk berhubungan untuk jarak yang sangar jauh. 

Disadari atau tidak pada era globalisasi ini umat manusia semakin dekat antara satu sama lain namun Dakwah di era globalisasi ini dimana dunia dan seluruh umat manusia yang tanpa batas hidup di dunia semakin menciut kadar keimanannya. 

Terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi, komunikasi, informasi, dan transformasi. Oleh karena itu kunci dari keberhasilan dalam mengembangkan Dakwah di era globalisasi ini dengan memanfaatkan manajemen Dakwah moern.

Zaman boleh berkembang namun metode Dakwah tidak boleh tertinggal. Dengan mempertimbangkan segmentasi mad'unya. Media Dakwah bukan hanya dengan lisan namun juga dengan tulisan, penyiaran, dan bimbingan dan tindakan langsung, hal ini dilakukan untuk penyesuaian dan keberhasilan penyebaran Dakwah. 

Media komunikasi menjadi salah satu saluran untuk berDakwah namun keberhasilan Dakwah oleh Da'i secara tidak langsung ditentukan dari pemilihan media yang dipilihnya. 

Di era reformasi ini dengan memiliki iman dan taqwa ditambah dengan luasnya ilmu pengetahuan manusia sudah mencapai titik tertingginya dimana mereka sudah melahirkan amal shaleh untuk kebahagiaan mereka di dunia maupun di akhirat. 

Salah satunya dengan memaksimalkan peran dakwah yang akan diterima. Serta mempelajari ilmu tentang alam dan ilmu manusia dalam berhubungan sesama manusia yaitu disebut ilmu sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun