Mohon tunggu...
Cerita Pemilih

Pengalaman MOS

19 Agustus 2015   08:30 Diperbarui: 19 Agustus 2015   08:42 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Hari senin,tanggal 27 juli 2015 pukul 05.30 WIB aku harus bersiap siap bangun dan datang ke SMA 16 Bekasi untuk mengikuti mos,aku berangkat dari rumah menuju SMA pukul 06.30 WIB,dari rumah menuju SMA 16 Bekasi memakan waktu kurang lebih 20 menit,tiba di SMA 16 Bekasi aku mencari teman smpku tapi tidak ketemu,akhirnya aku langsung mencari kelas.Dan akhirnya aku menemukan gugusku yaitu gugus d.Aku masuk dan langsung mencari bangku untuk aku duduki,dan akhirnya aku mendapatkan bangku untuk aku duduki.Aku langsung berkenalan dengan dengan teman sebangkuku ternyata dia teman dari teman smp ku namanya Bella dia sangat baik,orangnya friendly,dia teman sebangkuku untuk pertama kalinya senang rasanya bisa berkenalan dekat dengannya.bell masuk tiba kakak PJ datang dan masuk ke ruangan gugus 4,kakak PJ nya ada dua kak rama dan kak zakia mereka orangnya sabar,baik,dan tidak sombong,perkenalan kakak PJ dan anggota gugus 4 awalnyamasih belum saling kenal dan masih lupa namanya.

Pukul 09.10 WIB tiba,semua ruangan/semua gugus di umumkan untuk keluar dari masing-masing ruangan dan segera untuk berbuat baris di lapangan sesuai gugusnya masing-masing dan di dampingi oleh kakak PJ semua barisan di alihkan ke lapangan.Di lapangan kita bermain bercanda bersenang senang bersama semua kakak osis,awalnya senang karna mau masuk SMA tapi panas matahari yang terik membuatku lemas.

Pukul 09:50 WIB waktunya istirahat sebentar 10 menit dan harus kembali ke gugusnya masing-masing,setelah istirahat,aku dan anggota gugus 4 kembali ke ruangan yang berada di lantai 2 disana kita menyanyikan lagu yel yel gugus 4 dan memilih ketua gugus 4 dan akhirnya fahreza di pilih menjadi ketua gugus 4,waktu makin siang pukul 11.00 WIB di umumkan untuk berbaris menuju ke lapangan, bersiap-siap untuk pulang ke rumah masing-masing dan kembali kesekolah pukul 07.00 WIB dengan memakai atribut yang sudah di umumkan.

Hari selasa tanggal 28 juli 2015,aku harus bersiap siap kembali untuk mengikuti mos untuk kedua kalinya,dan harus memakai atribut yang di umumkan oleh kakak osis seperti,topi di buat dari bola dan karton di buat menjadi topi pantai,name tag seperti karikatur,kalung di buat dari tutup botol,tali sepatu kanan berwarna merah dengan motif love dan sebelah kiri berwarna putih bermotif polkadot,membuat tas dari baju bekas dan memkai karet ban dalam dan diikat kepang,membawa ballon gas,dan harus membawa 3 makanan yg di inisialkan,bagiku ini hal yg sangat sulit karna aku baru pertama kali merasakan mos di negri,karna sewaktu SMP aku masuk di SMP IT YAPIDH mos nya berbeda sekali kalau di yapidh lebih ke arah islami seperti mabit,qiyamulail,membaca qur’an dan sebagainya,aku berangkat dari rumah pukul 06.50 WIB aku datang ke sekolah sedikit telat karna aku memakai mobil dan di jalan macat karna jam kerja,di hari selasa kegiatannya di beri materi oleh guru guru SMA N 16 Bekasi,dan di marah marahi oleh kakak kelas,akhirnya bel pulang pun tiba,hari selasa aku dan peserta mos yang lain membawa orang tua karna ada rapat orang tua dengan komite sekolah,tapi orang tuaku pulang pulang lebih awal dariku.

Hari rabu tanggal 29 juli 2015 aku harus bersiap siap kembali untuk mengikuti mos ini hari yang ke 3 kalinya aku mengikuti mos,tapi badanku lelah tidak mendukungku untuk mengikuti mos,rencana hari ini aku tidak mengikuti mos karna kemarin malam badanku tidak enak dan aku mimisan,tapi akhirnya aku mengikuti mos karna aku takut mendapat hukuman meminta tanda tangan semua kakak osis itu hal yang paling lelah bagiu,pukul 06.40 WIB aku khawatir telat dan akhirnya aku sampai di sekolah aku segera lari cepat cepat menuju lapangan tapi apa daya tubuhku yang begitu lelah tidak kuat lari lari cepat dan akhirnya aku telat mendapatkan hukuman berdiri di lapangan dan di marahi atau di tegur oleh kakak osis,tiba tiba aku sakit perut karna aku belum sarapan tadi pagi karna buru buru berangkat karna takut telat,dan tiba tiba dadaku sesak kakak osis membantuku menuju ruangan kakak osis,dan sesak di dada itu mulai pulih setelah beberapa menit,akhirnya aku memutuskan untuk ke ruangan gugusku yaitu gugus 4,pusing di kepalaku masih berasa,pukul 10,00 tiba,waktunya istirahat waktu istirahat itu aku gunakan untuk meminta tanda tangan kakak osis yang susah sekali,dan bel pun tiba seluruh anggota mos di harapkan untuk segera masuk ke ruangan gugusnya masing-masing,rasa lelah itu tambah berasa karna aku belum makan dari pagi sampai siang,meminta tanda tangan kakak osis yang begitu sulit di tambah teriknya matahari yang sangat panas di kepalaku,dan aku segera masuk ruangan gugus 4,di dalam kelas kita bermain games,menyanyikan yel yel gugus 4,menyanyikan lagu mars 16,tak terasa bel pun tiba aku segera keluar kelas dan mencari orang tuaku,sebelum pulang diumkan untuk hari kamis menggunakan pakaian oalahraga atasan berwarna putih dan bawahan memakai celana traning dan tidak memakai atribut lagi,karna hari ini terakhir mos dan esok hari untuk outbound yaitu melatih kerjasama dengan teman sekelompok.

Hari kamis tanggal 30 juli 2015 aku datang tepat waktu,mencari teman teman segugusku,dan akhirnya semua peserta berbaris sesuai gugusnya masig-masing di hari itu krdatangan kakak kakak Pembina outbound,kita di harapkan untuk membuat suku,aku mendapatkan suku serigala suku ke nomor 7 di suku serigala aku mendapatkan teman teman baru yang berbeda beda gugusnya di setiap suku kita di harapkan untuk membuat yel yel dan membuat menara setinggi apapun dari sepatu.seruu banget.pukul 10.00 WIB tiba,saatnya istirahat dan makan,kita sebelumya di suruh membawa bekal 4 sehat 5 sempurna,aku membawa burger,susu,buah apel,dan air putih.pukul 10.16 WIB kita di harapkan berkumpul ke sukunya masing masing,sebelum istirahat kita menyanyikan yel yel suku serigala dan membuat menara setinggi mungkin dari sepatu,pukul 12.00 WIB tiba saatnya pulang sebelum pulang kita di harapkan berbaris di lapangan untuk upacara penutupan dan diumumkan untuk esok hari jumaat memakai baju olahraga asal sekolah.

Hari jumaat tanggal 31 juli 2015 hari ini harus memakai baju olahraga asal sekolah dan bersiap siap menuju SMA 16 Bekasi pukul 06.30 WIB aku berangkat dan sampai di SMA 16 pukul 06.50 WIB tidak lama beberapa menit kemudian seluruh gugus berbaris di lapangan dan bermain bersama kakak osis dan pengumuman untuk esok hari,hari sabtu memakai baju pramuka asal sekolah dan di harapkan untuk berkumpul ke sukunya masing masing kita di latih untuk berkerjasama,dan bermain air,melemoar air seruu sekali,jam 11.00 WIB tiba saatnya pulang,karna laki laki muslim harus bersiap siap untuk menunaikan shalat jumaat,dan akhirnya pulang…

Hari sabtu tanggal 1 agustus 2015 memakai baju pramuka,agenda hari ini adalah membagikan sembako atau baksos ke sekitar SMA 16 seru sekali di perjalanan bercanda dengan kakak osis dan di perjalanan kita harus 5s yaitu senyum,salam,sapa,sopan,santun selama di sekitar SMA 16,setelah mengelilingi SMA 16 Bekasi kita balik ke sekolah dan berbaris di lapangan,waktu istirahat tiba aku membawa bekal dan memakannya,mencari tempat teduh untuk duduk,dan jajan membeli air mminum,waktu istirahat sudah selesaia,semua kumpul di lapangan sementara aku ribet selfie bersama gugus 4 dan kakak pj,seruu rasanya,setelah itu kita berbaris dan saling meminta maaf kepada guru guru SMA 16 dan semua kakak osis,seneng banget punya pengalaman mos di negri suatu pembelajaran supaya hidup mandiri dan disiplin,waktu pulang pun tiba aku bersiap siap untuk pulang dan menunggu orang tuaku untuk menjemputku,oiya sebelumnya kita di harapkan membuat surat kakak ter yaitu dengan memilih salah satu kakak osis,dan harus menempelkan foto kita dan beserta cap bibir di foto kita masing masing,aku memilih kakak ter yaitu kak zakia karna dia selama menjadi kakak pj dia yang paling pengertian,baik,sabar,tidak sombong,intinya kakak terbaik dan tidak sombong.

Intinya aku baru pertama kali merasakan mos di negri seperti ini,memakai atribut yang aneh asing,membuat topi dari bola dan karton,name tag seperti karikatur berwajah foto kita masing masing full face,membuat tas dari baju bekas yang di jahit dengan tangan kita sendiri,memakai kalung dari tutup botol,tali sepatu kanan dan kirinya berbeda dan masing masing bermotif yang berbeda,membawa makanan dengan inisial yang aneh,seperti coklat bakso china di rak minuman,susah sekali mencarinya,tapi semua terselesaikan dengan baik,dan walaupun gugus aku tidak menang,dan suku aku tidak menang,aku seneng sekali mempunyai pengalaman mos seperti ini,dan mempunyai teman yang asik seru pinter pinter,seru,baik,ciwi ciwi,dan mendapatkan kelas XD dan wali kelas pak wahyu,senang rasanya,seru sekolah di negri teman temannya tidak jaim,pinter pinter,cerdas,berbeda beda karakter,beda agama,pendiam,cerewet,intinya aku senang bisa merasakan mos di negri untuk pertama kalinya.banyak hal yang aku bisa ambil pelajaran dari mos 3 hari dan outbound 3 hari,yaitu hidup mandiri,senyum sapa salam sopan santun kepada siapapun,kakak osisnya baik baik mengajari kita disiplin on time,dan harus bisa mengatur waktu dengan baik,semoga sukses terus osesbas,dan SMA N 16 Bekasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun