Mohon tunggu...
Nadita Fajarini
Nadita Fajarini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berasal dari Pulau Sumatra khususnya Provinsi Lampung Berprofesi sebagai Mahasiswa dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

IAD, IBD dan ISD: Konsep Umum tentang Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar #1

5 Agustus 2024   20:47 Diperbarui: 5 Agustus 2024   20:57 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A. Pengertian IAD, IBD, dan ISD

1. Pengertian IAD

Ilmu Alamiah Dasar adalah ilmu yang memusatkan perhatian dan konsep umum, asas-asas dan pendekatan dalam menanggapi kenyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam , dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, fisika, dan geologi.

2. Pengertian IBD

Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada usaha memperoleh pengertian mengenai hakikat dan harkat manusia serta nilai-nilai budaya yang telah dikembangkan.

3. Pengertian ISD

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada kenyataan sosial terutama yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengetahuan pada ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, psikologi sosial dan sejarah.

B. Ruang Lingkup IAD, IBD, dan ISD

1. Ruang Lingkup IAD

  • Konsep-konsep dasar tentang ilmu pengetahuan alam dan perkembangan teknologi.
  • Dampak perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

2. Ruang Lingkup IBD

  • Berbagai aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya, baik dari segi keahlian (disiplin) masing-masing maupun antar bidang disiplin.
  • Hakekat manusia yang universal (satu) tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat dalam melihat dan menanggapi lingkungan dengan adanya kesamaan dan perbedaan yang diekspresikan dalam bentuk dan corak ungkapan pikiran, perasaan, dan tingkah laku serta hasil kelakuannya.

3. Ruang Lingkup ISD

  • Adanya berbagai aspek pada kenyataan bersama yang merupakan suatu masalah sosial.
  • Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang mempunyai kepentingan dan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan tingkah laku tersendiri dan yang menyebabkan pertentangan maupun setia kawan dan kerjasama.

C. Tujuan IAD, IBD, dan ISD

1. Tujuan IAD

  • Memperkenalkan konsep-konsep dalam dalam IPA
  • Memberikan wawasan pengetahuan dan apresiasi terhadap objek dan cara-cara pendekatan dalam IPA dan teknologi
  • Mengembangkan interaksi yang selaras antara disiplin-disiplin ilmu eksak

2. Tujuan IBD

Untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran yang berkenaan dengan lingkungan budaya yang dapat diperlukan dan menjadi lebih halus.

3. Tujuan ISD

Membantu pengembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran dan kepribadian yang lebih luas, dan ciri-ciri kepribadian sebagai gologan terpelajar Indonesia, khususnya yang berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia lainnya terhadap dirinya.

D. Kegunaan IAD, IBD, dan ISD

  • Kemampuan Akademis melalui mata kuliah Wajib Fakultas.
  • Kemampuan Profesional melalui mata kuliah Jurusan/Keahlian.
  • Kemampuan Personal/Pribadi melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian Kemampuan Akademis dan Profesional, sasarannya mengasah kemampuan penalaran (pattern of thingking), Kemampuan Personal/Pribadi sasarannya lebih kepada mengasah kemampuan Kepribadian seperti budi pekerti, akhlaq, etika dan kesediaan bekerjasama dan menghargai disiplin ilmu lain diluar disiplin ilmunya, yang lebih dikenal dengan mengasah hati nurani/perasaan (pattern of attitude/behaviore).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun