Pemilu atau Pemilihan Umum merupakan proses penting dalam menegakkan demokratis untuk mencapai kedaulatan rakyat suatu negara. Penyelenggaraan pemilu dalam suatu negara merupakan hak-hak suara politik warga negara yang bertujuan untuk memilih wakil rakyat dalam membentuk pemerintahan yang demokratis. Media massa sangat berperan penting dikarenakan informasi yang diberikan oleh media akan secara langsung mempengaruhi pola pikir dan perubahan masyarakat dalam kampanye politik menjelang pemilu 2024.
Kekuatan Media Massa :
Media massa merupakan kekuatan potensial bagi jenis baru yang mampu menghubungkan individu-individu yang tersebar dalam tingkat lokal, kota, dan nasional. Mereka dapat mendukung politik demokrasi dan pergerakan reformasi sosial. Terdapat potensi pengaruh media terhadap massa, jika diatur dan di arahkan dengan efektif. Hal ini juga berkaitan dengan berjalannya pemilu tahun 2024 yang akan datang.
Tahapan pemilu tahun 2024 telah memasuki masa kampanye pada 28 November 2023. Masa kampanye akan berlangsung selama 75 hari hingga 10 februari 2024 yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kampanye dapat diartikan sebagai upaya persuasif atau mengajak orang lain yang belum sepaham pada ide-ide yang ditawarkan menjadi paham dan bersedia untuk bergabung dan mendukungnya. Tanpa disadari, kampanye politik telah banyak dilakukan dalam berbagai platform media. Media dianggap sebagai alat atau kekuatan penyebaran informasi yang ditunjukan kepada masyarakat, terlebih lagi dalam membentuk opini politik.
Peran Media Massa Dalam Kampanye Politik :
Perkembangan media massa semakin maju pada era informasi saat ini, informasi dapat diperoleh melalui media cetak, media elektronik dan media online. Media massa kini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, karena media massa telah menjadi kebutuhan hidup bagi masyarakat. Media massa memberikan manfaat kepada masyarakat luas dengan menginformasikan berita-berita yang viral di media, sehingga masyarakat menjadi mengerti dengan situasi atau peristiwa terkait politik yang di lihat dari suatu platform media. Politisi juga dapat menggunakan media untuk menyebarkan pesan kampanye, mempromosikan diri, dan membangun kepercayaan atau hubungan dengan pemilih atau masyarakat. Melalui media massa, politisi dapat mencapai audiens yang lebih luas dan mempengaruhi atau mengubah opini publik.
Efek Media Massa dalam Opini Publik terkait Kampanye Politik :
Istilah opini publik merupakan suatu pendapat atau penilaian dari hasil pertimbangan seseorang mengenai suatu hal. Kampanye politik dilaksanakan oleh partai politik dalam media massa untuk memperoleh opini publik yang positif dan elektabilitas partai yang tinggi.
Beberapa efek positif media massa terkait kampanye politik :
1. Kampanye Politik di berbagai platform media bisa sangat luas dan beragam.
2. Efiensi dalam segi waktu dan dana dalam menyebarkan informasi atau pesan kampanye.
3. Dapat dengan mudah melakukan sosialisasi dengan masyarakat yang ingin bergabung.
4. Dari segi jangkauan lebih efektif, karena mampu menjangkau setiap pemilih yang jaraknya berjauhan.
5. Membangun dan memperkuat opini publik dengan suara yang terbentuk dari masyarakat luas.
6. Media massa sangat berpengaruh signifikan bagi politisi untuk menyampaikan pesan politik, seperti progam-progam politik atau slogan.
7. Efek publikasi dalam media massa menjadi salah satu indikator penting, karena kepopuleran akan terjadi dengan lebih cepat tersebar.
Dengan media massa yang terus berkembang, media sangat memainkan peran penting bagi pemilih dan politisi untuk menjadi kritis dan bijaksana dalam mengonsumsi dan menginformasikan terkait dalam kampanye politik pemilu 2024. Media massa juga berkontribusi positif pada pemahaman pada proses berjalannya politik.
Dirancang oleh :Â