Mohon tunggu...
Nadifa Anindya
Nadifa Anindya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga

Mahasiswa yang hobi nulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Purposeful Mass Communication

20 Juni 2022   21:53 Diperbarui: 20 Juni 2022   22:50 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi menciptakan "era" baru dan memberikan pengaruh secara luas bagi kehidupan kita. Kehadiran media massa sebagai salah satu bentuk perkembangan teknologi memberikan kontribusi dalam perubahan perilaku masyarakat. 

Perilaku masyarakat yang berubah menjadi jauh lebih modern dan ingin serba instan di dukung pula oleh perkembangan teknologi yang semakin memberikan kemudahan untuk di akses kapan saja dan dimana saja. 

Sehingga, membuat pekerjaan manusia jauh lebih efisien. Kehadiran media massa menuntut masyarakat untuk memiliki kemampuan literasi media yang baik agar dapat menerapkan kemampuan analitis, berpikir kritis, dan evaluatif terhadap pesan yang diterima.

Kehadiran media massa yang dapat merubah perilaku masyarakat, membuat kita sadar, bahwa media massa memiliki tujuan dan fungsi penting bagi kehidupan manusia. Berikut adalah tujuan media massa sebagai alat komunikasi massa dalam kehidupan manusia.

1. To Inform

Media massa hadir memberikan informasi untuk menumbuhkan akan kesadaran suatu hal. Informasi yang diberikan oleh media massa dapat berkaitan dengan pendidikan, cuaca, olahraga, produk dan jasa, hari libur, festival, rekreasi, dan hiburan. 

Banyak sekali informasi yang kita ketahui, ketika kita berusaha untuk mencari tahu di berbagai media. Bahkan, informasi yang disediakan oleh media sangat beragam, dan cukup update. Namun, dari beragamnya informasi tersebut, sebagai pengguna media, kita tetap harus skeptis dan berpikir kritis saat mendapatkan informasi tertentu.

2. To Persuade

Media massa  juga berpengaruh dalam mengajak masyarakat untuk membawa perubahan dalam keyakinan, pendapat, sikap, dan pemikiran mereka tentang beberapa permasalahan. Persuasi yang sering dilakukan media adalah iklan. 

Iklan yang beragam jenisnya, beragam bentuknya, dan beragam cara penyampaiannya, mampu membuat masyarakat terhipnotis untuk melakukan sesuatu dan membeli barang yang menurut mereka terbaik dan layak untuk di beli karena penampilan iklan yang membuat mereka terkesan. Padahal, terkadang bentuk barang asli, tidak sesuai dengan bentuk barang di iklan.

3. To Amuse

Media massa berperan sebagai pemberi hiburan. Dari waktu ke waktu, hiburan masyarakat selalu berevolusi dan semakin bervariatif. Pada sebelum kemunculan media massa hiburan masyarakat hanya sekedar berkumpul bersama untuk bernyanyi dan saling bertukar cerita. 

Kemunculan media massa membawa perubahan gaya hiburan masyarakat yang dahulu berkumpul untuk bernyanyi dan bercerita, menjadi berkumpul untuk menonton televisi bersama-sama. 

Meskipun hubungan sosial pada awal mula media massa berkembang tidak jauh berbeda, namun, interaksi dan komunikasi masyarakat semakin sedikit karena saat berkumpul mereka cenderung asik menonton televisi. Bagaimana dengan hiburan masyarakat saat ini? 

Masyarakat cenderung memiliki gaya hiburan yang mendorong mereka untuk bersikap individualistik. Kehadiran gadget mendorong masyarakat untuk mencari hiburan mereka sendiri-sendiri melalui telepon genggam yang mereka miliki.

4. To Enlighten

Media massa hadir membawa manusia pada dunia yang jauh lebih cerah. Kok bisa? Tanpa kita sadari, media massa membantu kita untuk mencari tentang diri kita sendiri. Membantu kita mencari tahu bagaimana proses kita terlahir di dunia, bagaimana  bisa kita di ciptakan oleh Tuhan.

Selain itu, media massa yang menyajikan produk media yang beragam, memberi tahu kita sesuatu tentang diri kita sendiri. Misal, Rika menyukai tontonan televisi yang ada pada NET TV, hal itu membuktikan bahwa Rika lebih menyukai acara hiburan yang berkaitan dengan talkshow. 

Sedangkan Amanda, lebih menyukai program televisi Metro TV. Kecenderungan Amanda menonton channel tersebut memberi tahu Amanda tentang dirinya yang menyukai acara berita dibandingkan hiburan.

Kehadiran media massa juga memberikan kita edukasi dan berpotensial memberikan pengaruh positif pada kehidupan.

Tujuan media massa di atas membuktikan bahwa media massa memiliki pengaruh kuat dalam membangun opini publik dan memiliki peran sangat amat penting bagi kehidupan manusia saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun