Karakter Pancasila mencerminkan semangat untuk membangun masyarakat yang adil, makmur, dan berkeadilan, serta menghormati keragaman sebagai kekuatan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
Pancasila merujuk pada sifat-sifat atau ciri-ciri yang mendasari nilai-nilai dasar dalam Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
Karakteristik pelajar akan mampu dalam memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila jika mereka dapat bervariasi pada konteks pendidikan, pengalaman sosial, dan pengaruh lingkungan.Mereka memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah keberagaman suku, agama, ras, dan budaya.
 Mereka mampu berpikir kritis terhadap berbagai isu sosial dan politik yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila, serta memberikan kontribusi konstruktif dalam mencari solusi atas masalah-masalah yang dihadapi bangsa.
Membangun karakter pelajar dengan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan melalui,Penghayatan Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa ,Mengembangkan kesadaran spiritual dan menghargai perbedaan keyakinan antarindividu di lingkungan sekolah.
Menerapkan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Menghormati semua anggota sekolah tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau ras.
Menjunjung Tinggi Persatuan Indonesia, Â Menghargai keberagaman di sekolah dan menjaga persatuan serta gotong royong dalam kegiatan sekolah.
Dengan demikian, sambil mengakui nilai positif dari penguatan karakter melalui nilai-nilai Pancasila, pelajar perlu juga untuk menjaga keseimbangan antara menghargai keberagaman dan membangun kualitas karakter yang inklusif dan bertanggung jawab pada setiap individu pelajar.
Nadia Rosalina Simarmata Â
Ica KarinaÂ