Mohon tunggu...
Nadia Izza
Nadia Izza Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Kekuatan Platform Media Sosial Narasi milik Najwa Shihab dalam Pembentukan Persepsi Pemilu 2024

3 Desember 2024   22:29 Diperbarui: 3 Desember 2024   22:36 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Memasuki era digital, yang dimana semua kegiatan yang dilakukan manusia serba dipermudah terutama dalam hal menggali informasi. Munculnya berbagai platform media sosial yang kini menjadi sarana penting bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi menjadi lebih mudah dan cepat, karena cukup dengan ponsel saja bisa mengakses informasi dimana saja dan kapan saja   Hal ini dapat membantu kandidat dan partai politik untuk memberikan informasi kepada pemilih dengan cepat dan langsung. Dalam konteks pemilihan umum, platform media sosial memungkinkan mereka untuk menyampaikan pesan, visi, dan program kerja dalam waktu nyata sekaligus menjangkau audiens yang lebih besar tanpa batasan geografis. Bukan hanya itu saja, banyak influencer yang menggunakan platform media sosialnya untuk memberikan edukasi kepada semua orang tentang pentingnya mengikuti pemilu dan memberikan informasi tentang kandidat serta isu- isu yang dibahas. Salah satu influencer sekaligus jurnalistik yang sangat populer yaitu Najwa Shihab.

Najwa Shihab atau biasa dikenal sebagai Mbak Nana merupakan sebuah jurnalistik sekaligus influencer yang diakui banyak orang akan cara penyampaiannya dalam menyampaikan sebuah informasi dengan secara kritis. Melihat latar belakang pendidikannya, Najwa Shihab merupakan lulusan Hukum Universitas Indonesia yang memiliki ketertarikan pada bidang jurnalistik. Pasca lulus dari Universitas Indonesia, Najwa memulai karirnya pertama kali di stasiun Metro TV. Awal karirnya yang menjadi reporter lapangan, kemudian menjadi pembawa berita, pembawa acara sebuah program "Mata Najwa" sampai memiliki perusahaan media Narasi TV yang berkerja sama dengan dua temannya (Catharina Davy, dan Dahlia Citra) pada tahun 2018.

Dilansir pada situs website nya, Narasi TV merupakan sebuah ruang media untuk bertukar pikiran dan gagasan yang berprinsip pada nilai-nilai, kemajemukan, kritis dan toleran. Disajikan dengan bentuk informasi yang berupa teks dan visual dalam bentuk infografis dan disiarkan melalui platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube. Narasi TV memiliki tujuan  untuk memberikan edukasi politik secara signifikan kepada audiens, terutama pada masa pemilihan umum tahun 2024. Dari platform tersebut bukan hanya menjelaskan tentang mekanisme pemilihan umum secara prosedural, tetapi juga memiliki konsep yaitu membuka forum diskusi bersama dari berbagai tokoh dari mulai akademisi, politisi berintegritas bahkan penyelenggara pemilu yang dikemas secara urut dan terperinci untuk audiens.

Pada platform Narasi TV juga menyuarakan secara konsisten mengenai pentingnya literasi digital dengan memilih informasi yang tepat dan selalu memberikan kewaspadaan terhadap penyebaran hoaks di platform media sosial. Maraknya penyebaran berita hoax terutama menjelang pemilu, tidak hanya merugikan bagi individu saja tetapi mampu menurunkan integritas dan mencederai nilai- nilai demokrasi. Oleh sebab itu munculnya berita hoax menjadi masalah yang sangat krusial yang harus segera diatasi dan dicegah oleh masyarakat. Sebagai seorang jurnalis sekaligus influencer yang memiliki kredibilitas tinggi, Najwa selalu mengingat bahwa banyaknya akun palsu yang mengatasnamakan dirinya untuk menyebarkan konten yang tidak benar ataupun menyesatkan. Dengan melalui program-programnya, ia terus mendorong masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas dan kritis dengan mengutamakan fakta dan data yang valid agar masyarakat tidak gampang terpengaruh dengan adanya informasi yang belum tentu kebenarannya. Hal tersebut menjadi tanggung jawab untuk selalu mengingat persepsi publik terhadap tokoh politik yang sering kali beredar informasinya di media sosial, sehingga kemampuan memilih dan memilah informasi yang akurat dan bijak menjadi kunci dalam menentukan pilihan yang berkualitas dan berintegritas.

Pada platform media sosial Narasi yang dimiliki Najwa Shihab, memiliki berbagai macam program yang disajikan. Ada program yang dinamakan "Musyawarah", dimana program tersebut membahas tentang isu-isu terkini dengan gaya komunikasi seperti bincang-bincang santai yang dipandu Najwa Shihab, Andovi da Lopez, dan Jovial da Lopez. Kemudian program "Mata Najwa" yang populer di kalangan masyarakat dan disiarkan di stasiun televisi Trans7 dan MetroTV. Selain itu Mata Najwa juga disiarkan melalui platform digital YouTube milik Najwa dan situs website Narasi TV mulai 2022 sampai saat ini. Program Mata Najwa sendiri merupakan acara talkshow yang membahas tentang kebijakan-kebijakan publik, politik  lingkungan hidup, teknologi, ekonomi, budaya dengan gaya komunikasi yang tegas sekaligus terbuka, dengan menghadirkan publik figure yang berpengaruh. Ada banyak lagi program program lainya seperti Narasi Explains, WMN Narasi TV dan lain sebagainya yang dikemas secara menarik dari berbagai sudut pandang untuk menambah informasi dengan secara luas.

Dengan adanya berbagai macam sumber informasi terutama mengenai pemilu ataupun informasi politik yang disediakan dapat membentuk persepsi audience untuk menentukan pemimpin pilihan mereka. Peran media sosial memang dapat digunakan menjadi alat kekuasaan yang efektif, karena mampu menarik sekaligus mengarahkan perhatian, serta memberikan legitimasi dan membentuk sebuah pandangan masing-masing. Oleh karena itu influencer Najwa Shihab memiliki 4 pesan untuk generasi muda terutama pada menjelang pemilu. Pesan pertama, Najwa Shihab mengingatkan bahwa "jangan pernah berhenti belajar" karena seiring dengan perkembangan teknologi, anak muda bisa belajar lewat berbagai platform termasuk dalam media sosial. Yang kedua ialah energi untuk mencari kebenaran, dikarenakan banyaknya informasi-informasi yang bertebaran tetapi tidak benar keberadaannya, sehingga perlu didukung dengan cara mengecek selalu akan kevalidan dari sumber informasinya. Kemudian yang ketiga ada memaksimalkan produktivitas dan secara efisien, dan yang terakhir selalu ikuti perkembangan teknologi dengan berkaca pada pengalaman.

Sumber Referensi

Ariffina, F. (2023). ANALISIS GAYA KOMUNIKASI NAJWA SHIHAB PADA PROGRAM SHIHAB & SHIHAB.

Biografi Najwa Shihab, Sosok Perempuan yang Inspiratif | kumparan.com. (2024, November 7). https://kumparan.com/profil-tokoh/biografi-najwa-shihab-sosok-perempuan-yang-inspiratif-23rTi3Fuo61

Delmana, L. P. (n.d.). STRATEGI PENANGANAN HOAKS PEMILU MELALUI PENERAPAN SMART CONTRACT LOGIC SERTA SISTEM DETEKSI HOAKS OTOMATIS. www.journal.kpu.go.id

Diananto, W. (2023, November 27). 4 Pesan Najwa Shihab untuk Generasi Muda Jelang Pemilu 2024: Cek Informasi dan Jangan Berhenti Belajar - ShowBiz Liputan6.com. https://www.liputan6.com/showbiz/read/5466098/4-pesan-najwa-shihab-untuk-generasi-muda-jelang-pemilu-2024-cek-informasi-dan-jangan-berhenti-belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun