Mohon tunggu...
Nadia Aulia
Nadia Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - baru pemula

baru pemula

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengenalan Marketplace kepada Masyarakat Karang Taruna Bojongsari Depok

11 Oktober 2021   15:42 Diperbarui: 11 Oktober 2021   15:46 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini persaingan dalam dunia usaha menjadi sangat ketat. Masyarakat saling berlomba-lomba dalam bersaing untuk mempertahankan usaha agar tetap kuat di tengah persaingan yang sangat sengit.

Menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama serta meningkatkan volume penjualan dengan strategi pemasaran melalui internet merupakan tujuan individu dalam berbisnis.

Menciptakan pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti terus meningkatkan kualitas produk serta mengeluarkan produk dengan inovasi yang lebih baru. Selain itu mempermudah cara memperoleh produk dengan berbagai teknologi internet juga sebagai salah satu alasan di mana pelanggan bertahan pada suatu produk.

Di jaman sebelum adanya marketplace seperti sekarang, orang harus keluar dan mengunjungi toko satu per satu untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Bahkan jika sudah ada internet sekalipun di tahun 2007-2008an, orang masih harus mencari informasi secara manual dari website ke website.

Semenjak konsep marketplace muncul, maka orang bisa belanja langsung dari ponsel. Mereka pun bisa langsung membandingkan semua barang yang ingin dia beli dalam satu platform, tanpa perlu pindah-pindah aplikasi. Keunggulan utama inilah yang menjadi kunci dalam kepopuleran e-commerce dan marketplace di abad 21.

Bahkan disebut-sebut juga bahwa industri ritel bakal punah di masa depan, mengingatorang lebih suka menggunakan marketplace dibandingkan harus keluar dan mencari barang belanjaan. Apalagi untuk barang yang bersifat hiburan seperti elektronik.

Marketplace merupakan peluang yang sangat besar di era revolusi industri 4.0 ini. Jika anda berencana untuk membuka atau melebarkan bisnis jual beli anda, maka platform jualan online adalah opsi utama yang harus anda pertimbangkan. Jika masyarakat menemui kesulitan, masyarakat bisa menghubungi konsultan bisnis digital untuk membantu anda dalam menemukan solusi bisnis yang tepat.

Masyarakat Bojongsari, Depok

Menurut Strauss (2001) Marketplace adalah penggunaan data elektronik dan aplikasi untuk perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, distribusi dan harga sebuah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.. 

Dari uraian pengertian Konsep bisnis marketplace, maka tema Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) yang dilaksanakan, yaitu : "PENGENALAN KONSEP BISNIS 10 MARKETPLACE BAGI MASYARAKAT", menjadi sangat relevan untuk dilaksanakan. Hal ini mengarahkan terbentuknya satu sikap dan aktivitas yang memiliki tujuan. Berikut adalah Proposisi dalam kaitan data yang relevan saat dilakukan PKM.

 Konsep Bisnis Marketplace dimaknai dalam ruang lingkup Manajemen Sumber Daya Mausia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun