Identitas Jurnal
Judul Jurnal : Analisis Faktor yang Mempegaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sahabat Difabel Surakarta
Penulis : Hery Setiyatna , Muhammad Julijanto , Susilo Surahman
Penerbit : Journal On Teacher Education
Volume : Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022
Jurnal ini membahas mengenai mahasiswa yang menjadi sukarelawan teman dekat siswa penyandang disabilitas dengan mendukung selama masa studinya. Adanya pemanfaatan pengetahuan umum diharapkan mahasiswa umum mampu memanfaatkan bakat dan minatnya serta belajar berkomunikasi sebagai sarana kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu, lingkungan kampus menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan kognitifnya berdasarkan syarat keberhasilan belajar.
Analisis Jurnal
Penyandang disabilitas kesulitan mengakses layanan pendidikan, salah satunya. Kebutuhan penyandang disabilitas yang berbeda-beda memerlukan perhatian dari lingkungan sekitar. Pentingnya hak atas pendidikan bagi penyandang disabilitas menjadi salah satu perdebatan utama dalam implementasi hak asasi manusia. Pendidikan merupakan kunci pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga memerlukan komitmen yang tinggi khususnya dari Pemerintah dalam mengembangkan regulasi. Dari situlah muncul relawan mahasiswa yang mencurahkan waktu dan tenaganya untuk membantu penyandang disabilitas mendapatkan pendidikan berkualitas. Mahasiswa ini disebut dengan “Sahabat Difabel”.
Sahabat Difabel hadir sebagai solusi permasalahan pendidikan bagi penyandang disabilitas, baik dari sisi kemanusiaan maupun kualitas sumber daya manusia. Prestasi akademis seseorang dapat dilihat dari kepribadiannya, termasuk dalam hal sensitivitasnya seperti rasa kemanusiaan. Konsep dalam Sahabat Difabel ini bertujuan untuk berbagi apa yang dirasakan para penyandang disabilitas khususnya dalam hal pendidikan. Pendidikan dalam perspektif disabilitas dikatakan memerlukan empat indikator, yaitu ketersediaan program dan implementasi aksesibilitas disabilitas dimana pendidikan dapat dicapai pada semua faktor, dapat diterima, dalam arti dapat dilaksanakan bagi penyandang disabilitas, dan adaptasi fleksibilitas untuk merespons perubahan dari waktu ke waktu, sesuai dengan kebutuhan pelatihan sumber daya manusia. Jadi, dukungan lain di luar keluarga diperlukan untuk membantu mereka mendapatkan akses yang lebih baik. Hasil dari penelitian jurnal menunjukkan bahwa Sahabat Difabel memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan belajar mahasiswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H