Mohon tunggu...
nadia aulia
nadia aulia Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

mendengarkan lagu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Review Jurnal Analisis Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sahabat Difabel Surakarta

26 Oktober 2023   08:12 Diperbarui: 26 Oktober 2023   08:20 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Jurnal 

Judul Jurnal                : Analisis Faktor yang Mempegaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sahabat Difabel Surakarta

Penulis                         : Hery Setiyatna , Muhammad Julijanto , Susilo Surahman

Penerbit                       : Journal On Teacher Education

Volume                         : Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022

Jurnal ini membahas mengenai mahasiswa yang menjadi sukarelawan teman dekat siswa penyandang disabilitas dengan mendukung selama masa studinya. Adanya pemanfaatan pengetahuan umum diharapkan mahasiswa umum mampu memanfaatkan bakat dan minatnya serta belajar berkomunikasi sebagai sarana kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu, lingkungan kampus menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan kognitifnya berdasarkan syarat keberhasilan belajar.

Analisis Jurnal

Penyandang disabilitas  kesulitan mengakses layanan pendidikan, salah satunya. Kebutuhan  penyandang disabilitas yang berbeda-beda memerlukan perhatian  dari lingkungan sekitar. Pentingnya hak atas pendidikan bagi penyandang disabilitas menjadi salah satu perdebatan utama dalam implementasi hak asasi manusia. Pendidikan merupakan kunci pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga memerlukan komitmen yang tinggi khususnya dari Pemerintah dalam mengembangkan regulasi. Dari situlah muncul relawan mahasiswa yang mencurahkan waktu dan tenaganya untuk membantu penyandang disabilitas  mendapatkan pendidikan  berkualitas. Mahasiswa ini disebut dengan “Sahabat Difabel”.

Sahabat Difabel hadir sebagai  solusi permasalahan pendidikan bagi penyandang disabilitas, baik dari sisi kemanusiaan maupun kualitas sumber daya manusia. Prestasi akademis seseorang dapat dilihat dari kepribadiannya, termasuk dalam hal sensitivitasnya seperti rasa kemanusiaan. Konsep dalam Sahabat Difabel ini bertujuan untuk berbagi apa yang dirasakan para penyandang disabilitas khususnya dalam hal pendidikan. Pendidikan dalam perspektif  disabilitas dikatakan memerlukan empat indikator, yaitu ketersediaan program dan implementasi aksesibilitas disabilitas  dimana pendidikan dapat dicapai pada semua faktor, dapat diterima, dalam arti dapat dilaksanakan bagi penyandang disabilitas, dan adaptasi  fleksibilitas untuk merespons perubahan dari waktu ke waktu, sesuai dengan kebutuhan pelatihan sumber daya manusia. Jadi, dukungan lain di luar keluarga diperlukan untuk membantu mereka mendapatkan akses yang lebih baik. Hasil dari penelitian jurnal menunjukkan bahwa Sahabat Difabel memberikan kontribusi signifikan  terhadap keberhasilan belajar mahasiswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun