Fupple Puddings, bisnis UMKM yang menawarkan berbagai varian silky pudding yang lezat. Cerita ini membuktikan bagaimana sebuah ide bisnis sederhana dapat berkembang menjadi sesuatu yang dikenal oleh banyak orang, berkat semangat dan dedikasi.
Jakarta, 3 Januari 2024 - Sebuah kisah sukses dan menginspirasi kali ini datang dariBerawal dari hobi dan kegemarannya terhadap pudding, owner dari Fupple Puddings, yaitu Farhan Alvian memutuskan untuk mengubahnya menjadi sebuah bisnis saat ia masih berada di bangku SMA. Dengan resep buatan sang Ibu, Farhan melakukan berbagai eksperimen demi menciptakan kualitas terbaik untuk produknya. Fupple Puddings ini merupakan silky pudding yang mempunyai tekstur lembut, rasa yang lezat dan rendah kalori. Karena saat itu Farhan masih berasa di bangku SMA, sehingga ia hanya memasarkan produk tersebut kepada teman-teman terdekatnya.
Melihat perkembangan Fupple Puddings memiliki prospek bisnis yang baik, akhirnya Farhan mengambil peluang untuk menjual silky pudding tersebut dengan menambahkan varian rasa lainnya. Farhan melalukan sejumlah eksperimen terhadap silky pudding buatan sang Ibu untuk menentukan kualitas terbaik dan variasi rasa yang baru untuk dipasarkan nanti. Ia memberikan kesempatan orang-orang di sekitarnya untuk mencicipi produknya tersebut dan menanyakan apa saja yang dirasa masih kurang, serta masukan-masukan lainnya yang dapat dijadikan motivasi untuk perkembangan bisnisnya itu.Â
April 2023 menjadi momen penting bagi Fupple Puddings dengan peluncuran 7 varian rasa terbaru, seperti milo, taro, strawberry, bubblegum, green tea, lychee, dan mango. Kualitas tekstur yang lembut, paduan rasa yang unik dan lebih bervariasi, serta harga yang terjangkau langsung mendapat respons positif dari masyarakat.
"Enak.. anak sama ponakan yang masih kecil juga doyan.. jadi banyak snack yg ga kebagian pudding tadi" ujar salah satu pelanggan Fupple Puddings ketika memberikan reviewnya, Selasa (26/12/2023).
Dari review yang diberikan itu pun, dapat terlihat bahwa Fupple Puddings bisa dikonsumsi oleh semua kalangan dari orang dewasa hingga anak kecil. Karena tekstur silky pudding itu sangat lembut, sehingga memudahkan pelanggan ketika mengkonsumsinya. Tidak hanya pujian yang didapat dari reviewnya itu, ada juga pelanggan yang memberikan beberapa masukan, seperti porsinya kurang banyak, rasanya terlalu manis, branding stiker yang dibuat kurang menarik dan masukkan lainnya.Â
Masukkan tersebut dijadikan motivasi oleh Farhan, sebagai owner, untuk terus berinovasi dan memperbaiki produknya semaksimal mungkin. Ia selalu ingin memastikan bahwa setiap rasa yang ditawarkan Fupple Puddings selalu menghadirkan kualitas yang terbaik.
Meskipun awalnya hanya memasarkan produk kepada lingkungan terdekat, melalui strategi pemberian hadiah Ramadan pada tahun 2023, produk yang menjual silky pudding ini pun mendapat testimonial positif dari keluarga dan teman-temannya. Sejak saat itu, Fupple Puddings sudah banyak dikenal melalui platform online, seperti Instagram, Gofood, Grabfood, dan Shopee Food. Hanya melalui media sosial, Fupple Puddings mampu menarik banyak pelanggan terutama dikalangan anak muda dan orang dewasa.
Di samping itu, perjalanan kesuksesan ini tidak datang tanpa hambatan. Farhan mengakui bahwa tantangan terbesar yang dialami adalah ketika memperkenalkan produknya itu kepada masyarakat luas, karena minimnya pengetahuan bisnis yang ia miliki. Ia pun merasa kesulitan dalam memasarkan produknya itu, sehingga perjalanan bisnis Fupple Puddings sempat terhambat.
"Tantangan terbesarnya adalah untuk memperkenalkan dan menjual kepada masyarakat lebih luas, dikarenakan minimnya ilmu di bidang bisnis, maka saya harus belajar dan membutuhkan waktu lebih lama dalam menjual Fupple Puddings" ujar Farhan saat diwawancara, Minggu (24/12/2023).
Hingga kini, Fupple Puddings masih tetap berkreasi menciptakan berbagai macam varian rasa baru. Farhan, sebagai owner, memberitahu bahwa akan ada dua rasa baru yang ingin launching, yaitu vanilla dan cookies n cream. Pastinya untuk produk baru tersebut akan dikemas lebih menarik dan rasa yang tidak kalah lezat dari varian sebelumnya.