Mohon tunggu...
Nada Nadhifah
Nada Nadhifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Content Writer

Jangan diliat aja, ayo saling follow dan saling membantu!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengaruh Game Online terhadap Minat Belajar Siswa

3 Juni 2023   08:02 Diperbarui: 3 Juni 2023   08:04 695
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi siswa sedang bermain game online | Sumber: pexels/rdne stock project

Game online telah menjadi bagian yang signifikan dalam kehidupan banyak remaja dan anak-anak. Namun, ada pertanyaan yang sering muncul mengenai pengaruh game online terhadap minat belajar siswa. Apakah game online dapat mempengaruhi minat belajar mereka secara positif atau justru mengganggu fokus mereka dalam kegiatan akademik? Artikel ini akan membahas beberapa pengaruh game online terhadap minat belajar siswa. Cekidottt...

1. Potensi Gangguan

Salah satu dampak negatif game online terhadap minat belajar siswa adalah potensi gangguan yang ditimbulkannya. Jika siswa terlalu sering terlibat dalam permainan online, mereka mungkin cenderung menghabiskan waktu bermain game daripada belajar. Hal ini dapat mengurangi waktu yang seharusnya mereka habiskan untuk mengerjakan tugas, membaca, atau mempelajari materi pelajaran.

2. Kurangnya Fokus dan Konsentrasi

Game online yang mengasyikkan dengan efek visual dan suara yang menarik dapat menyebabkan siswa kehilangan fokus dan konsentrasi dalam belajar. Mereka mungkin merasa sulit untuk memusatkan perhatian pada tugas-tugas akademik yang membutuhkan pemikiran mendalam dan keterlibatan yang serius.

3. Perkembangan Keterampilan Kognitif

Namun, ada beberapa jenis game online yang dapat berdampak positif pada minat belajar siswa. Misalnya, beberapa game edukatif dirancang untuk mengembangkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah, keterampilan matematika, dan pemikiran kritis. Jika digunakan dengan bijak, game-game semacam itu dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam bidang tertentu.

4. Motivasi Intrinsik

Beberapa siswa mungkin merasa terinspirasi untuk belajar melalui permainan online. Misalnya, game yang melibatkan teka-teki atau tantangan intelektual dapat memicu rasa ingin tahu dan motivasi intrinsik siswa untuk mencari jawaban atau pemecahan masalah. Dalam hal ini, game online dapat berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran yang memicu minat belajar siswa.

5. Pembelajaran Interaktif

Ada juga game online yang menawarkan pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Siswa dapat berinteraksi dengan pemain lain, berdiskusi, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam permainan. Ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan melibatkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun