Mohon tunggu...
Nada Nadhifah
Nada Nadhifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Content Writer

Jangan diliat aja, ayo saling follow dan saling membantu!

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Ini Alasan Perusahaan Harus Melakukan Analisis Demografis Sebelum Menjalankan Bisnisnya!

6 Mei 2023   23:41 Diperbarui: 6 Mei 2023   23:43 1983
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perusahaan sedang menganalisis demografis | Pexels: pixabay

Analisis demografis merupakan proses pengumpulan dan analisis data mengenai karakteristik populasi, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, dan sebagainya. Analisis demografis ini sangat penting bagi perusahaan sebelum mereka menjalankan bisnisnya. 

Lantas, kenapa sih analisis demografis itu penting bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya? Artikel ini akan mengulas lebih lanjut terkait alasan perusahaan harus melakukan analisis demografis sebelum menjalankan bisnisnya!

1. Membantu Perusahaan Memahami Pasar

Analisis demografis dapat membantu perusahaan memahami karakteristik pasar yang sudah ditargetkan. Dengan mengetahui demografi target pasar mereka, perusahaan dapat membuat strategi bisnis yang lebih efektif dan juga efisien. Contohnya, jika perusahaan menargetkan konsumen muda, maka perusahaan harus memilih platform media sosial yang sangat digandrungi oleh para remaja dan membuat kampanye iklan yang lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

2. Mengidentifikasi Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Dengan mengetahui demografi target pasar, perusahaan dapat lebih memahami kebutuhan serta keinginan pelanggan yang seperti apa. Contoh, jika perusahaan menargetkan konsumen usia lanjut, maka mereka dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih menyesuaikan kebutuhan dan preferensi mereka.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Analisis demografis dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional. Contohnya, perusahaan dapat memilih lokasi kantor yang tepat atau strategis berdasarkan demografi target pasar mereka. Perusahaan juga dapat mengoptimalkan inventaris dan mengembangkan produk yang lebih sesuai atau relevan dengan kebutuhan pelanggan berdasarkan demografi mereka.

4. Memperkuat Brand Awareness

Dengan mengetahui demografi target pasar, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk memperkuat brand awareness mereka. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan content creator atau selebriti yang populer di kalangan demografi target pasar mereka untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka, jadi BA tersebut menyesuaikan dengan target pasarnya.

5. Meningkatkan Peluang Sukses

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun