Mohon tunggu...
Nada Nadhifah
Nada Nadhifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Content Writer

Jangan diliat aja, ayo saling follow dan saling membantu!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mengapa Merek Produk Indonesia Banyak yang Menggunakan Artis Korea?

6 Mei 2023   10:19 Diperbarui: 6 Mei 2023   10:21 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Blackpink menjadi brand ambassador dari Tokopedia (sumber: website Tokopedia)

Belakangan ini dunia hallyu semakin banyak diminati oleh masyarakat terutama juga menarik perhatian produk merek di Indonesia. Merek Indonesia semakin banyak yang menggandeng artis Korea sebagai brand ambassador atau brand endorser. Hal ini terlihat dari berbagai iklan televisi, billboard, spanduk hingga media sosial. Fenomena ini menjadi sorotan publik dan menimbulkan banyak pertanyaan, "mengapa merek Indonesia banyak menggunakan artis Korea?"

1. Popularitas Artis Korea

Artis Korea saat ini sedang sangat populer di seluruh dunia, seperti di Indonesia. Mereka memiliki basis penggemar yang sangat besar dan fanatik. Selain itu, artis-artis Korea dikenal memiliki citra yang bersih, rapi, dan menarik. Oleh karena itu, merek Indonesia melihat potensi untuk menggunakan popularitas artis K-Pop sebagai salah satu strategi untuk memasarkan produk mereka kepada khalayak umum yang lebih luas.

2. Pengaruh Hallyu Wave

Hallyu Wave atau biasa disebut Korean Wave adalah fenomena popularitas budaya Korea Selatan di seluruh dunia seperti hiburannya, budaya maupun tradisinya. Fenomena ini dimulai pada tahun 1990-an dengan booming K-Drama atau drama korea dan juga K-Pop. K-Drama dan K-Pop menjadi sangat populer di Indonesia sejak lama dan membawa pengaruh besar dalam budaya pop Indonesia. Merek Indonesia melihat fenomena ini sebagai kesempatan untuk memanfaatkan popularitas Hallyu Wave dan meningkatkan visibilitas merek produk mereka dengan menggandeng artis-artis Korea sebagai brand ambassador mereka.

3. Strategi Pemasaran yang Tepat

Merek Indonesia menyadari bahwa menggandeng artis Korea sebagai brand ambassador bisa menjadi strategi pemasaran yang tepat dan cocok. Mereka mengakui bahwa artis Korea memiliki daya tarik yang sangat besar, terutama di kalangan anak muda sekarang. Oleh karena itu, merek Indonesia menggunakan artis K-Pop untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan menarik perhatian khalayak umum dari berbagai kalangan.

4. Meningkatkan Citra Merek

Merek Indonesia menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador atau endorser juga bertujuan untuk meningkatkan citra merek produk mereka. Dengan menggandeng artis K-Pop, merek Indonesia ingin memberikan kesan bahwa merek mereka juga merupakan merek internasional, modern dan trendi. Mereka berharap bahwa dengan asosiasi merek mereka dengan artis-artis Korea yang populer saat ini, akan membantu meningkatkan citra merek mereka dan membuka kesempatan untuk memperluas pasaran.


Oleh karena itu, secara keseluruhan, merek Indonesia banyak menggunakan artis Korea sebagai strategi pemasaran karena popularitas artis K-Pop ini yang sangat besar di Indonesia terutama pada generasi muda, pengaruh Hallyu Wave yang semakin meningkat, serta strategi pemasaran yang tepat bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan citra merek.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun