Di era industri 4.0 seperti saat ini, penguasaan media digital merupakan salah satu syarat penting dalam mengembangkan suatu usaha, salah satunya dalam bidang pariwisata. Pengembangan media digital pada bidang pariwisata akan berdampak positif pada wisata tersebut.
Dampak positifnya antara lain ialah menyebarluaskan informasi mengenai wisata pada khalayak yang lebih luas, memperluas target pengunjung, serta memperbanyak wisatawan. Sadar akan pentingnya penguasaan dan pengembangan media digital, salah satu destinasi wisata di Rembang, Jawa Tengah, yaitu Taman Wisata Sarinah membuat beberapa akun media sosial khusus untuk wisata tersebut.
Pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Karangsari ditunjuk pengelola Taman Wisata Sarinah untuk mengelola akun instagram dan facebooknya. Dari kedua akun tersebut, Pokdarwis Desa Karangsari melancarkan strategi promosi digital untuk Taman Wisata Sarinah.
Penguasaan dan pengembangan media digital Taman Wisata Sarinah saat ini turut dibantu dengan kedatangan Mahasiswa KKN-T IPB di Desa Karangsari. Tim mahasiswa mengadakan berbagai pelatihan terkait pengelolaan sosial media kepada Pokdarwis.Â
Pelatihan ini termasuk ke dalam program kerja Karangsari Mandiri Digital dan Karangsari Mandiri Wisata. Pelatihan yang dilakukan diantaranya adalah pembuatan caption, pembuatan linktree, pembuatan dan pengeditan template postingan, serta pembuatan katalog digital.
Hasil dari pelatihan ini dapat dilihat langsung pada akun instagram Taman Wisata Sarinah, yaitu @tamansarinah.karangsari. Bahkan, sekarang pengunjung dapat mengetahui fasilitas dan jenis-jenis tanaman hias yang ada di Taman Wisata Sarinah sebelum berkunjung langsung ke sana. Sebelum pergi ke taman, pengunjung dapat terlebih dahulu membuka katalog digital yang ada pada link berikut linktr.ee/katalogsarinah.
Dengan promosi dan pembuatan katalog digital, pengunjung dapat lebih mudah untuk merencanakan aktivitas berliburnya di Taman Wisata Sarinah. Selain itu, usaha dalam penguasaan media digital dapat membantu Taman Wisata Sarinah menjadi lebih terkenal, menarik lebih banyak pengunjung, serta memperluas segmentasi pasar.
Program Karangsari Mandiri Digital dan Karangsari Mandiri Wisata dari Tim KKN-T IPB diharapkan dapat membantu pengelola Taman Wisata Sarinah dalam mengembangkan objek wisata yang ada di desa. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, akan turut membantu perekonomian penduduk Desa Karangsari karena di Taman Wisata Sarinah tidak sedikit penduduk yang membuka kios-kios makanan.Â