Mohon tunggu...
Nabil Roy
Nabil Roy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manivestasi Pembelajaran Berdiferensiasi: Gaya Belajar Siswa di SMA N 6 Semarang

4 Oktober 2024   11:58 Diperbarui: 4 Oktober 2024   12:16 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                           Nabil Roy Mumtaz S.Pd.

(Mahasiswa PPG Bagi Calon Guru Gel. 2 prodi Matematika FKIP Universitas Islam Sultan Agung)

Manivestasi Pembelajaran diferensiasi di SMA N 6 Semarang, kita harus tau dulu apa itu pembeajaran diferensiasi. Pembelajaran Diferensiasi adalah pendekatan pengajaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa dalam suatu kelas. Dalam pendekatan ini, guru mengadaptasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar berdasarkan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa.

Di SMA N 6 Semarang, banyak siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda, serta cara penangkapan siswa dalam belajar matematika. Bagi guru Memahami berbagai gaya belajar sangat penting untuk merancang pembelajaran yang inklusif. Dengan menciptakan aktivitas yang sesuai dengan beragam gaya belajar, guru dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam matematika. Misalnya, menggabungkan visualisasi, diskusi, dan praktik langsung dalam satu sesi pembelajaran dapat memenuhi kebutuhan semua siswa.

Beberapa dari mereka menyukai Gaya belajar yang berfokus pada diskusi, seringkali dikenal sebagai gaya belajar interpersonal, adalah cara belajar yang melibatkan interaksi sosial dan kolaborasi dengan orang lain. Jadi siswa yang dirasa kurang mengerti dalam materi, bisa berinteraksi langsung dengan teman lainnya untuk sama-sama berdiskusi menyelesaikan permasalahan matematika di kelas. namun, di sisi lain ada beberapa dari mereka yang tidak suka belajar dengan cara berdiskusi.

Tetapi ada juga Siswa lebih suka menggunakan kata-kata, baik lisan maupun tulisan, untuk memahami materi. Jadi, strategi yang biasanya digunakan oleh guru adalah Menggunakan penjelasan tertulis, membaca buku teks, menulis ringkasan, seperti pada umumnya. Siswa yang seperti ini terkadang tidak suka untuk berdiskusi, karena mereka memilih untuk mengkonsumsi materi langsung dari guru.

Berbagai macam cara belajar siswa untuk mengetahui materi pembelajaran di kelas. Siswa Siswi SMA N 6 Semarang juga cukup banyak yang berprestasi di bidang Olahraga. Biasanya, mereka yang lebih menyukai olahraga daripada pelajaran akademik seringkali memiliki karakteristik dan kecenderungan tertentu. Pada umumnya, siswa ini akan sangat aktif dan menikmati berbagai jenis aktivitas fisik, seperti Lari, bermain Futsal, Volly atau berpartisipasi dalam Olahraga Lain.

Ketika bertemu dengan siswa yang seperti ini, biasanya guru menggunakan strategi untuk mengintegrasikan tema olahraga dalam pembelajaran. Misalnya, membahas fisiologi olahraga dalam pembelajaran Biologi, Menggunakan Fenomena yang terjadi pada saat berolahraga pada pembelajaran Fisika, serta menggunakan statistik dari olahraga yang mereka sukai saat pembelajaran Matematika.

Jadi, dapat disimpulkan jika cara belajar siswa di SMA N 6 Semarang sangat beragam. Mulai dari siswa yang sangat aktif, siswa yang gemar berolahraga, sampai dengan siswa yang langganan mengikuti lomba dan menjadi juara tentunya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun