Mohon tunggu...
Nabilla Lavandida
Nabilla Lavandida Mohon Tunggu... Guru - A simple young teacher who still learning

A young teacher who try to be better. Just an ordinary girl

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melek Teknologi Melalui SiBer IT SMPN 9 Madiun

5 September 2019   11:11 Diperbarui: 5 September 2019   11:11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pernahkah kita melihat anak-anak yang lesu dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran? Tentunya kita sebagai guru memutar otak, dengan cara dan metode pengajaran seperti apa anak-anak itu menjadi antusias di dalam kelas. Saya selaku guru mapel di SDN 01 Mojorejo kota Madiun, tentunya pernah menghadapi situasi seperti ini. Ada beberapa anak yang kelihatan klentrak-klentruk. Tentu rasanya hal ini menggugah jiwa saya sebagai guru, apakah cara penyampaian materi saya tidak menarik ataukah cara penyampaian materi saya yang kurang tepat? Saya sering menggunakan media interaktif power point untuk mengajar tetapi hanya dengan tampilan standar yang dapat saya buat, karena kemapuan saya yang masih sebatas itu. Sampai ada rekan yang mengajak mengkuti pelatihan SiBer-IT di SMPN 9 Madiun.

Tentu saya tidak berpikir panjang untuk mendaftar program ini, apalagi ini gratis. Tema yang diusung dalam pelatihan SiBer-IT ini adalah video maker. Dalam bayangan saya tentunya nanti saya akan mendapatkan pengetahuan yang baru dalam hal editing video. Tentu seru sekali mempelajari software tersebut dan bisa saya terapkan untuk membuat video materi pelajaran yang saya ampu. 

Saya berharap dengan saya bisa membuat video pembelajaran dan menampilkannya di kelas, siswa-siswi saya akan lebih mudah menerima materi dan antusias dalam proses pembelajaran.

Pelatihan SiBe-IT ini dilaksanakan 50 jam dengan pola 10 hari dengan tatap muka di kelas 2 jam per hari dan sisanya dilaksanakan di luar kelas dengan adanya forum diskusi grup whatssapp. Pada hari pertama kegiatannya adalah membuat rancangan kegiatan selama 10 hari kemudian menyimpannya di google drive. 

Pada hari kedua kita diarahkan untuk membuat akun di kompasiana. Dari yang awalnya saya hanya membaca artikel sekarang kita diarahkan untuk membuat karya tulis sendiri. Selain itu kita diajari menggunakan snipping tool. Sampai hari kedua ini saya bisa melewati pelatihan tanpa kendala yang berarti di bawah bimbingan Ibu Yuni Egawati, S.Pd., M.Pd. 

Hari ketiga menginstal software video maker, hari keempat kita dibimbing untuk menambahkan themes dan mengatur slide layouts, hari kelima menambahkan dan mengatur teks,gambar, shape, animasi, dan video, hari keenam menambahkan music background, dan voiceover, hari ketujuh Publish dan render - exporting video, hari kedelapan dan sembilan yaitu membuat projek video, hari terakhir kita mengupload video ke ke youtube dan melaksanakan postes. 

Saya sangat terbantu sekali mengikuti pelatihan ini untuk berinovasi membuat media pembelajaran. Saya berharap acara seperti ini dilaksanakan secara berkala dan dengan tema yang berbeda-beda di setiap sesinya agar kita sebagai pendidik selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun