Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilaksanakan dengan cara mengoptimalkan proses pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan metode prakttik langsung. Metode praktik langsung adalah metode yang dilakukan oleh guru dengan cara melakukan praktik secara langsung sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada anak-anak.
Kegiatan belajar merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di suatu lembaga pendidikan atau sekolah. Metode pembelajaran aktif adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat proses belajar, dimana mereka terlibat secara langsung dalam kegiatan yang mendorong partisipasi, kolaborasi, dan penerapan pengetahuan. Dalam metode ini, siswa tidak hanya mendengarkan ceramah, tetapi juga berinteraksi dengan materi, berdiskusi dengan teman sebaya, dan melakukan praktik langsung.
Â
Pentingnya Pembelajaran Teori Sebelum Kegiatan Praktik menurut saya melakukan pembelajaran teori sebelum praktik berlangsung adalah suatu hal yang penting, karena kegiatan pembelajaran praktik memerlukan durasi waktu yang lebih lama dibanding pembelajaran teori. Sebelum pembelajaran praktik dimulai, tentunya peserta didik harus terlebih dahulu memahami tentang kegiatan apa yang harus dilakukan.
 Misalnya praktik membuat batik sederhana pada kain, peserta didik harus sudah terlebih dahulu mengetahui dasar-dasar tentang batik dan macam-macam batik serta dari daerah mana saja masing-masing batik tersebut. Hal ini dapat membuat peserta didik mempunyai gambaran ingin membuat motif batik seperti apa dan dari daerah mana, sehingga dengan ini ketika praktik berlangsung akan lebih menghemat waktu dan waktunya bisa dipakai fokus untuk praktiknya.
Â
Adapun langkah yang sangat positif dan efektif dalam metode pembelajaran praktik:
1. Diskusi kelompok, proyek kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan keterlibatan siswa.
2. Dengan menerapkakn teori dalam konteks praktis, siswa dapat melihat relevansi materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
3. Pengembangan keterampilan kritis dan kreatif.
4. Kolaborasi dan komunikasi.
5. Sebagai guru, berikan umpan balik yang lebih langsung dan relevan. Agar siswa dapat mengetahui area yang harus diperbaiki serta mendapatkan bimbingan yang lebih tepat.
6. Memberikan motivasi
Â
Secara keseluruhan, mengubah teori menjadi praktik dalam metode pembelajaraj yang aktif dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan. Guru memerlukan latihan untuk menerapkan metode pembelajaran aktif dan efektif. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, sehingga penting untuk menyesuaikan metode agar semua siswa dapat terlibat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H